10 Roller Coaster Tercepat di Dunia Bikin Kita Deg-degan


Meski terlihat menakutkan, permainan roller coaster tetap menjadi permainan yang wajib dicoba ketika mengunjungi taman hiburan. Tapi kalau lihat roller coaster seperti di bawah ini, kamu masih tertarik dan berani mencobanya?

 

1. Intimidator 305, Kings Dominion Park (Virginia, Amerika Serikat)

Nama Intimidator berasal dari julukan seorang pembalap NASCAR yang sudah pensiun, Dale Earnhardt. Di sini, kamu akan mengalami sensasi menaiki roller coaster dengan sudut curam mencapai 85 derajat dan kecepatan 145 km/ jam selama 3 menit, serta ketinggian mencapai 92 meter lebih!

Kamu masih berani yang begini?

 

2. Leviathan, Canada’s Wonderland (Ontario, Kanada)

Durasinya 3 menit 28 detik, kecepatan mencapai 148 km/ jam, dan tingginya 93 meter. Roll coaster ini masih berada di peringkat 9 lho…

 

3. Millennium Force, Cedar Point Park (Ohio, Amerika Serikat)

Disini, adrenalinmu benar-benar akan diuji dengan kecepatan Millennium Force yang mencapai 150 km perjam dengan ketinggian 94 meter selama 80 detik. Selain itu, kamu juga akan disajikan pemandangan laut Ohio yang memang terkenal dengan keindahan alamnya.

Sambil menyelam minum air nih…

 

4. Steel Dragon 2000, Nagashima Spa Land Amusement Park (Jepang)

Mulai beroperasi sejak tahun 2000, saat ini Steel Dragon menempati posisi kedua sebagai roller coaster tercepat di Jepang dengan kecepatan mencapai 153 km perjam dan ketinggian 97 meter. Roller coaster ini juga semakin menyeramkan karena durasi waktunya cukup panjang dibandingkan dengan pada umumnya, yaitu 4 menit.

1 menit aja seram, apalagi 4 menit??

 

5. Ring Racer, Nurburging Motor Sports Complex (Jerman)

Sesuai tempatnya, Ring Racer dibangun dengan konsep bertemakan F1 serta melintasi arena Nürburgring yang merupakan kawasan, yang sering digunakan untuk ajang-ajang balap bergengsi. Pembukaannya sendiri sempat mengalami penundaan selama empat tahun (2009-2013) karena adanya ledakan yang terjadi di saat uji coba.

Sempat beroperasi mulai 31 Oktober 2013 hingga 3 November 2013. Setelah itu, Ring Racer ditutup oleh pihak berwenang karena alasan yang tidak diketahui sampai sekarang.

Padahal, Ring Racer awalnya diharapkan dapat mencapai kecepatan 217 km per jam dalam waktu 2,5 detik jika benar-benar terus beroperasi. Saat masih dibuka, Ring Racer sendiri dapat mencapai kecepatan 160 km perjam dengan ketinggian 37 meter dengan durasi 1 menit 25 detik.

Sayang banget ya, padahal keren banget loh tempatnya…

 

6. Superman: Escape from Krypton, Six Flags Magic Mountain Park (California)

Awalnya, roller coaster ini sempat akan dibuka pada tahun 1997. Namun, hal itu tertunda karena beberapa masalah sehingga baru dibuka pada 19 Maret 2011.

Sesuai namanya, kamu akan merasakan pengalaman tak terlupakan melaju kencang ke belakang seperti Superman, yang bersiap-siap untuk lari dari Krypton selama 6,5 detik dengan ketinggian 126 meter dan kecepatan yang mencapai 161 km per jam!

Cuma 6,5 detik kok, hehehe…

 

7. Dodonpa, Fuji-Q Highland Amusement Park (Jepang)

Dodonpa sempat menjadi roller coaster tercepat di dunia saat awal pembukaannya di tahun 2001 yang hanya bertahan hingga tahun 2003. Saat ini masih memegang rekor sebagai roller coaster tercepat di Jepang. Dodonpa sendiri berada dalam kawasan Fuji-Q Highland yang terkenal akan keindahan alamnya karena terletak di kaki gunung Fuji.

Kamu akan merasakan kecepatan 172 km perjam hanya dalam waktu 1,8 detik! Selain itu dalam waktu 55 detik, kamu juga akan merasakan sensasi terlempar ke udara di menara vertikal yang memiliki ketinggian 52 meter!

Sayangnya, sekarang ini Dodonpa masih direnovasi dan akan dibuka Juli 2017 mendatang.

 

8. Top Thrill Dragster, Cedar Point Park (Ohio, Amerika Serikat)

Roller coaster ini merupakan yang tercepat kedua di Amerika Serikat. Kamu akan merasakan kecepatan 193 km perjam hanya dalam waktu 4 detik, ketinggian 128 meter, dan sudut curam 90 derajat! Roller coaster ini juga terletak di Cedar Point yang merupakan satu taman hiburan terpopuler di Amerika Serikat.

 

9. Kingda Ka, Six Flags Great Adventures (New Jersey, Amerika Serikat)

Kecepatan Kingda Ka mencapai 205 km perjam, dapat ditempuh dalam waktu 3 detik! Hal inilah yang turut menyebabkan pencapaian ke puncak tertinggi 138 meter (Tertinggi di dunia) menjadi sangat mudah. Setelah itu, Kingda Ka akan turun lurus ke bawah dengan sudut 270 derajat melalui jalur terbalik, dengan kecepatan super menjadikan perjalanan berdurasi 28 detik terasa begitu cepat.

Sangat cepat, bukan???

 

10. Formula Rossa, Ferrari World (Abu Dhabi, Uni Emirat Arab)

Melalui sistem peluncuran hidrolik memungkinkan kecepatan 240 km per jam diperoleh dalam waktu 5 detik saja! Belum lagi roller coaster ini memang dibuat mengikuti desain mobil Ferrari. Sehingga kamu akan merasakan kesan sedang mengendarai Ferrari selama 1 menit dan 32 detik.

Selama mengendarai Formula Rossa, kamu diwajibkan mengenakan kacamata pelindung seperti yang digunakan saat terjun payung karena kecepatan udara yang tinggi di Dubai, serta menghindari resiko terkena benturan udara atau serangga.

Sayangnya, Formula Rossa untuk sementara ini masih dalam perbaikan sejak 22 Mei-17 Juni 2017, dan akan dibuka lagi pada 18 Juni 2017.

Semoga aja di Indonesia ada yang kayak gini, jadi gak usah jauh-jauh ke luar negeri…