Inilah 5 Cara Tetap Sehat Kerja di Depan Laptop, Bahaya Jika Tak Dilakukan!


Bekerja di depan laptop merupakan sebuah keharusan bagi orang-orang yang bekerja di kantoran. Rutinitas padat setiap hari yang menuntut deadline terkadang mengharuskan kita betah lama duduk di depan laptop. Akibatnya akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh yang terus terforsir.

Berbagai macam penyakitpun siap mengintai. Terus bagaimana cara supaya tubuh tetap segar bugar meski seharian penuh berada di depan laptop? Berikut ulasannya.

Perbanyak minum air putih

Terlalu banyak duduk akan menyebabkan metabolisme tubuh kurang lancar dan akan mengundang datangnya penyakit. Minum air putih secara teratur dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh, minum air putih juga akan menjaga kinerja ginjal tetap menjadi sehat.

Menjaga jarak pandang

Jarak pandang minimal antara mata dengan laptop adalah 50 cm, terlalu dekat dengan layar laptop akan menyebabkan kesehatan mata menjadi terganggu. Usahakan sebisa mungkin tetap jaga jarak pandang ini untuk menghindari gangguan kesehatan mata dan menjaga mata minus (rabun jauh).

Olahraga ringan

Untuk menjaga tubuh tetap bugar lakukan olah raga ringan dan stretching dengan teratur. Usahakan dalam jangka waktu 60 menit pemakaian laptop, anda bisa menyisihkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan oleah raga ringan seperti lari ditempat, berjalan mondar-mandir, dan tretching atau peregangan otot untuk menghindari kram pada bahu, leher, dan kedua tangan anda.

Sering mengedipkan mata

Untuk mencegah mata lelah dan kering sering-seringlah mengedipkan mata anda saat berada di depan laptop. Paparan radiasi dari teknologi yang digunakan oleh layar laptop akan menyebabkan mata cepat lelah dan perih. Mengedipkan mata secara berulang-ulang akan menjaga kelembaban dan kesehatan mata

Gunakan mouse eksternal

Hindari menggunakan touchpad laptop jika anda akan bekerja di depan laptop dalam jangka waktu yang lama. Gunakanlah mouse eksternal agar tangan dan jari anda bebas bergerak untuk mencegah kram pada tangan anda. Pastikan juga mouse eksternal yang anda gunakan tidak terlalu kecil, sesuaikan ukuran mouse dengan ukuran lebar telapak tangan anda demi kenyamanan saat bekerja.

 

Sumber : IDNtimes.com