5 Manfaat Mutlak Kalau Kamu Rajin Berjalan Kaki Setiap Hari


Meditasi sudah terbukti menjadi penawar stres, kegelisahan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi rasa sakit. Dan akhir-akhir ini, para peneliti juga menemukan fakta bahwa meditasi ternyata bisa meningkatkan daya ingat, kestabilan emosi, dan perilaku seseorang. Pendeknya, meditasi memerlukan latihan khusus agar benar-benar bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan.

Masalahnya, tak setiap orang memiliki waktu untuk melakukan meditasi. Duduk dalam keheningan dan fokus pada pernafasan tak mudah dilakukan setiap orang karena beberapa orang masih tinggal bersama orangtua mereka, memiliki anak, atau hewan peliharaan.

Lalu apa alternatif olahraga sederhana lainnya?

Jalan kaki.

Asal kamu tahu, jalan kaki ternyata juga bisa dilakukan sambil meditasi. Inilah lima alasan kenapa kamu harus mencoba berjalan kaki untuk beraktivitas menuju kantor atau kampus kalau tidak terlalu jauh.

1. Berjalan kaki akan membersihkan pikiranmu.

Tak seperti meditasi yang akan memaksamu untuk membersihkan pikiranmu seketika, berjalan kaki akan perlahan-lahan membersihkan pikiranmu untuk teang. Saat berjalan kamu pasti akan berpikir soal setiap hal yang akan kamu lakukan hari ini dan minggu ini, setelah beberapa saat, ritme kakimu akan membuatmu fokus pada jalan di depanmu.

2. Kamu bisa melakukannya (hampir) di mana saja.

2-5b616d6678e2785d5f74f73b946b046c.jpgpixabay.com

Ketika meditasi membutuhkan tempat yang sunyi, berjalan kaki bisa dilakukan di mana saja. Kamu tak perlu mendaki gunung atau melintasi bukit hanya untuk jalan kaki. Faktor penting adalah kamu harus berjalan dengan pikiranmu sendiri, meskipun kamu ditemani seseorang. Dengarkan musik sepanjang jalan dan jangan lihat HP-mu selama perjalanan. Biarkan pikiranmu fokus pada langkah kakimu.

 

3. Berjalan kaki akan membuat tubuhmu aktif bergerak.

3-27bfb0879a5940dd11ba50ade5fdae8f.jpgpixabay.com

Dengan berjalan kaki, tubuh kita akan terdistraksi dan akan bergerak dengan ritme yang konstan. Hormon endorfin akan dikeluarkan ketika kita berjalan kaki dengan rileks dan nyaman.

4. Berjalan kaki akan menghubungkanmu dengan alam semesta.

4-54f53d3d8703901d6d1a013ae2a8ec28.jpgpixabay.com

Studi telah menunjukkan bahwa jika tubuh terhubung dengan alam maka suasana hati kita akan membaik dan depresi akan menyingkir. Berjalan adalah salah satu kesempatan terbaik untuk menyatu dengan alam. Meskipun cuaca sedang tidak bagus, nikmati saja perasaan tubuhmu terkena angin dan air hujan. Menyatu dengan alam akan mengingatkan kita akan siapa diri kita, apa hubungan kita dengan alam, dan akan membuat kita untuk melihat semua hal dari sisi lain.

5. Berjalan kaki akan memberimu banyak waktu untuk berpikir soal apa saja hal yang kamu inginkan dalam hidup.

5-26aec2fbe197b46ea860f4dc0653c5ef.jpgstocksnap.io

Berjalan akan memberikanmu jarak antara permasalahan dan kehidupan. Saat pikiranmu sudah kernih ketika berjalan, maka perspektif baru akan kamu dapatkan. Kamu bisa sendirian berpikir soal apapun tanpa adanya distraksi. Sehingga ketika sampai tujuan kamu akan benar-benar mendapat ide baru yang segar.

Masih malas berjalan kaki?

Coba dulu deh, siapa tahu kamu berubah pikiran.