5 Memorabilia Olahraga Termahal, Adakah Yang Kamu Tau?


Olahraga tak hanya bisa membuat jiwa dan raga sehat. Melalui olahraga, kita juga bisa membuat dompet kembang kempis. Mengapa demikian? Pasalnya, ada beberapa memorabilia dari dunia olaraga yang harganya tak terhingga. Bahkan jika dirupiahkan, harga pernak-pernik tersebut bisa untuk membeli sebuah rumah mewah lengkap beserta isinya. Memorabilia olahraga apa saja yang memiliki harga fantastis? Berikut daftarnya.

 

1. Jersey Paul Henderson

Memorabilia olahraga termahal pertama datang dari olahraga hockey. Pemain hockey professional asal Kanada, Paul Henderson memang bisa dibilang sebagai legenda Hockey sejati. Bagaimana tidak, sepanjang karirnya sebagai atlet, Paul patut berbangga diri karena pernah bermain di lebih dari 1000 pertandingan Major League Hockey dan mencatatkan 789 poin. Highlight terbesar dalam karirnya ada di tahun 1972. Disana, ia berhasil membawa timnya menjuarai Summit Series. Jersey yang dikenalan Paul pada tahun tersebut pun dilelang seharga $ 1,275,707.

 

2. Buku Peraturan Sepakbola

Buku peraturan sepakbola ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1858 ini laku terjual seharga 1,4 juta poundsterling. Disana, aturan terkait regulasi dan hokum klub sepakbola tertua di Inggris, Sheffield FC berhasil dikaryakan dan menjadi memorabilia olahraga paling berharga sepanjang jagad.

 

3. Kartu Baseball Honus Wagner

Honus Wagner merupakan seorang pebaseball yang tersukses di jamannya. Pemain berjulukan The Flying Dutchman ini bahkan masuk ke dalam Baseball Hall of Fame in 1939. Di tahun 1909. Salah satu perusahaan rokok asal Amerika Serikat pernah memproduksi rokok berisi kartu baseball. Namun Wagner menolak gagsan tersebut karena takut anak kecil membeli rokok untuk mendapatkan kartu tersebut.  Pada akhirnya, rokok yang terisi kartu baseball hanya diproduksi terbatas dan harga kartu tersebut kini mencapai 2,8 juta dollar. Cukup mahal ya.

 

4. Bola Home Run

Pecinta Baseball pasti tahu apa itu home run. Yep, salah satu atlet baseball terbaik yang pernah dilahirkan Amerika Serikat, Mark McGwire, pernah mencatatkan home run sebanyak 583 kali dalam 16 tahun karirnya sebagai pebaseball. Bahkan di tahun 1998, Big Mac, pernah mencatatkan 70 home run pada tahun tersebut. Spesialnya, bola  home run terakhir Mac di tahun tersebut berhasil dihargai 3 juta dollar.

 

5. Jersey Babe Ruth

Jauh sebelum Big Mac meraih popularitasnya di ranah Baseball, Babe Ruth pernah mengecapnya lebih dulu puluhan tahun silam. Pemain yang pernah mencatatkan 713 home run sepanjang karirnya ini memang legenda Baseball sepanjang masa. Untuk menghargai jasanya di tanah merah. Memorabilia Ruth berupa jersey yang dikenakannya  di tahun 1920 dimuseumkan di The Babe Ruth Birthplace Museum yang terletak di Baltimore. Kabarnya, Jersey Ruth tersebut dihargai 4,415 juta dollar loh. Weh.