6 Tips Menahan Dahaga Saat Puasa


Puasa tentunya gak hanya menahan lapar, tapi juga menahan dahaga. Tapi bisa dibilang sebagian orang lebih sulit untuk menahan haus dibandingkan rasa lapar. Selain bisa mengganggu puasa, haus juga bisa membuat tubuh menjadi lemas hingga sakit kepala. Lalu, bagaimana ya cara mengatasi hal ini?

 

1. Perbanyak minum air putih saat malam hari.

Ada baiknya kamu banyak mengkonsumsi air putih saat berbuka puasa hingga malam hari. Kamu juga bisa siapkan air minum di dekat tempat tidurmu, agar saat kamu terbangun tengah malam, kamu bisa langsung meminumnya. Lalu, saat sahur, minumlah secukupnya karena jika terlalu banyak kamu akan lebih sering buang air kecil. Hal ini dapat menghindarkanmu dari dehidrasi saat menjalankan puasa.

 

2. Konsumsi sayur dan buah.

Selain itu, cara mencegah rasa haus yaitu dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Buah-buahan dapat kamu konsumsi dalam keadaan segar, salad atau pun dalam bentuk jus.

 

3. Kurangi makanan pedas dan asin.

Jika kamu penggemar masakan pedas dan asin, coba kurangi dulu saat bulan puasa ini. Makanan pedas akan lebih cepat membuatmu merasa haus. Sedangkan makanan asin dapat meningkatkan keinginan tubuh terhadap air.

 

4. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin c.

Vitamin c merupakan salah satu vitamin yang paling dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak vitamin c, tubuhmu akan selalu segar dan dapat menjauhkanmu dari rasa haus. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin c dari buah atau madu.

 

5. Konsumsi yogurt.

Yogurt mengandung sekitar 85 persenĀ air yang dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh. Selain itu, yogurt juga mengandung banyak nutrisi, kalsium dan protein. Kandungan ini sangat baik untukmu ketika sedang berpuasa.

 

6. Atur waktu tidurmu.

Menjaga pola tidur juga dapat membantumu tetap segar saat berpuasa. Jika kamu sudah merasa haus, coba buat tidur saja pasti rasa hausmu gak akan terasa lagi.