7 Pantai Tersembunyi di Tasikmalaya yang Akan Menenangkan Pikiran Anda!


Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah besar di Jawa barat. Setelah dilakukannya otonomi daerah wilayah Tasikmalaya terbagi menjadi 2 bagian yaitu Kota Tasikmalaya dan kabupaten Tasikmalaya. Jika di blog ini saya berbicara tentang Tasikmalaya, maka mencakup kedua wilayah tersebut. Tasikmalaya dengan wilayah nya yang bermacam-macam kondisi alam, memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata yang meliputi : wisata pantai, wisata gunung, wisata danau, wisata goa, wisata ziarah, dan wisata laut.

Yang akan saya bahas adalah beberapa tempat wisata pantai yang berada di pesisir selatan Tasikmalaya. Tasikmalaya ini memiliki garis pantai yang sangat panjang membentang mulai dari perbatasan pangandaran sampai ke arah barat yakni perbatasan Garut. Dengan bentang garis pantainya yang lurus dan daerah pesisirnya yang khas terdapat banyak muara sungai-sungai kecil dan besar yang bermuara di beberapa daerah pantai di selatan Tasikmalaya ini.

Tidak kalah dengan wilayah Pangandaran yang memang daerah tersebut sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan dengan daerah nya yang indah, Tasikmalaya juga memiliki beberapa pantai yang sangat indah dan eksotis dan layak masuk dalam destinasi tujuan wisata para pelancong. Berikut ini beberapa pantai yang ada di selatan Tasikmalaya :

 

1.Pantai Cipatujah

Hasil gambar untuk pantai cipatujah

Pantai Cipatujah adalah salah satu pantai favorit dikalangan wisatawan baik itu dari penduduk Tasikmalaya sendiri untuk berekreasi ke pantai ini, walaupun tahun 2006 lalu di terjang gelombang Tsunami tapi sekarang daerah ini berbenah dengan memperbaiki dan menambah beberapa fasilitas yang mendukung wisatawan.

 

Hasil gambar untuk pantai cipatujah

Pantainya panjang dan indah juga pasirnya yang bersih, kita bisa berenang atau sekedar bermain air di tempat ini namun tidak terlalu jauh dari garis pantai karena ombaknya yang besar jadi agak sedikit berbahaya. Pemandangan matahari terbenam atau sunset di daerah ini juga tidak kalah indah. Lokasi pantai ini berada di desa Cipatujah, kecamatan Cipatujah dengan jarak kurang lebih 74 KM kearah selatan dari kota Tasikmalaya.

 

2.Pantai Sindangkerta

Gambar terkait

Pantai Sindangkerta ini memiliki pesona alam yang memukau, pantainya yang landai berpasir putih dan berkarang dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tempat ini juga mempunyai taman laut yang luas yang bernama “Taman Leungsar” dimana di taman laut ini kita bisa menemukan beberapa spesies laut kecil seperti bintang laut, ikan hias, siput, kerang, kepiting kecil bahkan di tempat ini juga mempunyai tempat penangkaran penyu hijau yang langka dan jika beruntung, pada waktu-waktu tertentu kita bisa ikut melepas penyu kelaut.

Hasil gambar untuk pantai sindangkerta

 

3.Pantai Pamayangsari

Hasil gambar untuk pantai pamayang

Pantai yang khas dengan lokasinya yang di pinggir jalan raya ini merupakan perkampungan nelayan. Jika pertama kali mengunjungi tempat ini maka yang terlihat adalah perahu-perahu yang bersandar di pinggir pantai, makanya daerah ini dinamakan ‘Pamayang’ dalam bahasa Sunda yang artinya Nelayan. Terdapat dermaga kecil sebagai tempat berlabuh perahu-perahu nelayan, kemudian ada juga menara yang lumayan tinggi sebagai tempat pemantauan laut.

Hasil gambar untuk pantai pamayang

Dengan pantainya yang berpasir hitam pengunjung yang singgah di tempat ini bisa menikmati suasana laut yang biru dan dijamin jika kita berkunjung ke tempat ini akan terasa enggan untuk segera beranjak dari sini. Banyak terdapat pula warung, atau tempat makan yang menyediakan makanan laut dengan harga yang lumayan masih terjangkau

 

4.Pantai Karangtawulan

Gambar terkait

Pantai yang masuk objek wisata kabupaten Tasikmalaya ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai lainnya yang berada di sepanjang pesisir selatan. Keunggulan dari lokasi ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari atas bukit, dimana di tempat ini juga kita bisa melihat berbagai bentuk hamparan batu karang yang berada di sekitar pantai ini. Terdapat batu karang besar yang berbentuk bulat di tengah pantai menambah pemandangan dan memanjakan mata sepanjang berada dilokasi ini.

Hasil gambar untuk pantai karang tawulan

 

5.Pantai Cimanuk

Hasil gambar untuk pantai cimanuk tasikmalaya

Pantai yang berjarak sekitar 1,5 KM kearah timur dari pantai karangtawulan ini memiliki pesona tersendirii dimana di tempat ini terdapat pulau kecil yang ditengah pulau tersebut ada cusuar. Menurut beberapa informasi dari warga pulau tersebut namanya Nusa manuk, disana dijadikan sebagai spot pemancingan ikan, jadi bagi anda yang suka memancing ikan laut, mungkin tempat ini bisa di jadikan referensi.

Hasil gambar untuk pantai cimanuk tasikmalaya

Yang unik disini adalah adanya batu besar yang tergeletak sejajar dengan Nusa Manuk. Kita bisa memanjat ke atas batu ini dengan tidak terlalu sulit dan dari atas batu ini pengunjung bisa melihat pemandangan pantai Karangtawulan dari kejauhan.

 

6.Pantai Ciheuras

Gambar terkait

Salah satu yang berada di sebelah barat dari pantai Cipatujah ini kurang lebih berjarak 2 KM merupakan tempat bekas penambangan pasir besi. Dalam beberapa tahun kebelakang  area penambangan pasir besi ini di hentikan oleh pemerintah karena sangat merusak lingkungan pesisir laut.

Dari bekas penambangan pasir besi tersebut, menghasilkan beberapa  gumukan pasir yang membentuk bukit dan justru menjadi salah satu pemandangan yang indah karena gumukan-gumukan pasir tersebut sekilas mirip seperti di gurun pasir yang berada di  pantai Parangkusumo. Di tempat ini juga terdapat aliran sungai yang bermuara di sebelah barat pantai ini dan menambah keindahan yang sangat eksotis dan menjadi tempat yang bagus untuk berfoto ria.

 

7. Pantai Cikawung Gading

Hasil gambar untuk pantai cikawung gading

Pantai yang memiliki  khas tersendiri di mana pantainya sangat berdekatan sekali dengan muara    sungai  Leuwi panjang yang terkenal dengan jembatan Ponton

Hasil gambar untuk pantai cikawung gading