7 Profesi yang Dulu Disepelekan, Tapi Sekarang Banyak Dicari


Ingat gak kalau dulu jenis pekerjaan orang cenderung itu-itu saja? Kalau gak jadi dokter atau insinyur, biasanya orang akan memilih menjadi guru. Tapi sekarang kondisinya sudah beda. Bukan cuma munculnya jenis pekerjaan baru, 7 profesi yang dulu dianggap sebelah mata ini, kini justru banyak ingin digeluti orang. Apa saja itu?

 

1. Barista

Pekerjaan meracik kopi dulunya dinilai remeh. Tidak banyak orang melihat pekerjaan ini sebagai sesuatu yang prestius. Tapi kini seiring dengan makin banyaknya coffee shop bermunculan, kebutuhan akan adanya barista kian tinggi. Gak heran nih kalau banyak kedai kopi berani membayar mahal barista profesional yang mau bekerja di sana.

 

2. Fotografer

“Ngapain sih kerja cuma jepret-jepret gambar pakai kamera?”

Mungkin itulah kalimat pertama yang akan muncul saat ada orang ingin jadi fotografer dulu. Namun sekarang pernyataan seperti itu rasanya akan jarang ditemui. Alasannya simpel, fotografer kini masuk daftar jenis pekerjaan dengan gaji paling menjanjikan. Untuk sekali sesi foto saja, fotografer profesional bisa mematok harga hingga puluhan juta rupiah.

 

3. Bartender

Mempunyai kemiripan dengan barista, menjadi seorang bartender juga menjadi pekerjaan yang dulunya jarang dilirik. Tapi kalau sekarang, kondisi ini perlahan sudah mulai berubah. Banyak orang tertarik untuk menjadi bartender profesional. Bukan cuma karena pekerjaannya yang terbilang seru, tapi juga penghasilan yang diperoleh relatif besar.

 

4. DJ

Sekarang ini gak sedikit orang memilih terjun untuk menekuni profesi sebagai seorang Disc Jockey (DJ). Ternyata nih, bukan cuma karena alasan keren dan kikinian loh. Penghasilan sebagai DJ relatif besar. Untuk DJ yang sudah profesional dan mempunyai jam terbang tinggi, bayaran untuk tiap kali perform mencapai jutaan rupiah. Mmm, menarik ya?

 

5. Make up artist

Mempercantik wajah orang lain itulah kira-kira deskripsi pekerjaan seorang make up artist. Kemahiran memoles make up di wajah yang dulu dihargai ala kadarnya sekarang sudah gak berlaku lagi. Kalau kamu iseng mengecek harga servis make up artist profesional, dijamin iri. Karena untuk sekali datang, mereka bisa meraih penghasilan ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

 

6. Komikus

Dulu kalau kita bilang mau jadi komikus, kemungkinan besar orangtua akan menentang. Hal tersebut jadi wajar, mengingat peran komikus belum begitu dihargai. Tapi kalau sekarang penghargaan terhadap pekerjaan ini sudah cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan makin banyaknya komikus asal Indonesia yang menerima bayaran setimpal karena karya-karya yang mereka buat.

 

7. Audio engineer

Bagi kamu yang suka dunia musik tapi ogah jadi musisi bisa mencoba profesi sebagai audio engineer. Profesi di balik layar yang bertugas melakukan produk lagu untuk film, radio, dan TV ini juga memiliki bayaran menggiurkan, berkisar antara $18,000 – $ 28,000 tiap tahunnya.