8 Tanda Kamu Tergolong Manusia Alay di Media Sosial


Sekarang media sosial sudah jadi dunia kedua. Setiap orang memiliki akun dan kebebasan untuk urun pendapat. Tapi, sayangnya tidak semua orang memiliki kepekaan untuk memiliki etika di dunia maya. Seringnya mereka masih alay dan gak punya kemampuan memfilter apa yang harus diposting dan tidak.

Sering gak sih kalian merasa jengah dengan orang-orang yang masih alay dalam menggunakan media sosial? Coba deh cek dulu 8 tanda ini! Jangan-jangan kamu masih melakukannya tanpa disadari.

1. Pacaran di sosmed, entah itu update foto yang kelewat mesra atau pacaran di kolom komentar. Iyuh!

Pacaran di media sosial is a big no! Entah itu posting foto yang kelewat mesra atau pacaran di kolom komentar. Kamu harus bisa bedain mana yang bisa dikonsumsi publik dan yang harusnya dijadiin privasi. Daripada berkomunikasi dengan pacar lewat medsos seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, lebih baik kamu langsung saja chat dengan Whatsapp atau Line. Gak cuma hubunganmu yang tetap privat, teman-temanmu juga bakal bersyukur karena kamu gak mengumbar kemesraan.

2. Posting tiap waktu, sehari bisa 5-10 foto.

Keseringan posting juga membuat orang lain muak. Misalnya nih, kamu biasa posting 5-10 foto tiap hari, mulai dari bangun pagi, foto perjalanan rutinitas, foto makan siang, dan foto-foto lainnya. Atau posting status yang isinya cuma keluhan dan cerita gak jelas. Memang ini akunmu, tapi bayangin deh gimana kalau semua orang merasa ilfeel karena kelakuanmu bermain sosial media yang tak beretika.

3. Nulis dengan EYD gak benar dan parahnya lagi hurufnya besar kecil.

Perhatikan cara penulisanmu di sosial media. Mulai dari penggunaan huruf, tanda baca, dan spasi. Penulisan kalimat ini mencerminkan seberapa terpelajarnya kamu. Udah gak zaman deh nulis dengan campuran huruf besar kecil yang merusak pembaca. Justru orang lain bakal menganggap kamu golongan alay kelas berat.

4. Sering update status yang isinya curhatan.

Ini juga salah satu hal yang perlu dihindari. Gak perlu isi timeline-mu dengan curhatan. Selain mengumbar aib sendiri, orang lain juga jadi gak nyaman atau justru menjadikanmu bahan gunjingan. Kalau kamu mau curhat mending tulis saja di buku diary yang hanya dibaca olehmu.

5. Atau pamer habis dikasih ini itu sama pacar.

Selain pamer kemesraan dengan pacar, pamer barang pemberiannya juga jadi salah satu bentuk pantangan kalo gak mau dicap alay. Alih-alih dicap romantis, posting barang pemberiannya dengan kata-kata mesra adalah salah satu bentuk sikap yang bikin orang lain muak jika dilakukan terlalu sering.

6. Pakai nama alay.

Bukan menggunakan nama asli dan menggunakan nama samaran juga salah satu bentuk sikap alay. Contohnya nih “Surya yang mencoba setia” dan banyak lainnya, geli kan bacanya? Coba cek dulu nama akun sosmedmu, jangan-jangan masih begitu.

7. Edit foto berlebihan atau pake kolase berbagai bentuk.

Edit foto jelas boleh-boleh saja. Tapi perhatikan juga filter yang kamu pakai, jangan pake filter berlebihan dan juga kolase foto yang kurang enak dipandang.

8. Berkomentar dengan bahasa kasar dan menyinggung SARA.

Ini adalah salah satu tanda orang alay yang sebenarnya. Mereka hanya menggunakan sosial media untuk sarana berkomentar dengan kata kasar dan menyinggung tentang SARA. Selain gak terpuji, sikap satu ini juga menggambarkan kalau kamu pengecut dan belum siap dengan kemajuan teknologi sekarang.

Jujur deh, tanda berapa aja yang masih kamu punya?

sumber:https://life.idntimes.com/inspiration/pinka-wima/8-bukti-kalau-kamu-tergolong-manusia-alay-di-media-sosial-1?utm_source=lineND&utm_medium=lineND&utm_campaign=lineND