,

Apa yang akan terjadi Pada Tubuhmu Kalau Tidak Mandi Selama 2 Hari? Ini Penjelasannya

Anjuran kesehatan yang paling sederhana adalah dengan rajin membersihkan diri alias mandi. Tetapi, ada saja yang bisa dijadikan alasan untuk malas mandi, apalagi buat mereka yang sering telat bangun atau memang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.

 

Apa yang terjadi jika tidak mandi dua hari?

download-e6db2556ca0ad37106a31a6eb82804d0.jpg

Kamu boleh saja tidak mandi sesekali, kalau memang alasannya mendesak. Tetapi jangan sampai lebih dari dua hari tubuhmu tidak dibilas dengan air sama sekali. Pasalnya, tubuh manusia membawa lebih dari 1.000 tipe bakteri sehari-hari. Termasuk 40 jenis yang tidak diketahui asal-usulnya. Memang sih, beberapa jenis bakteri justru diperlukan oleh tubuh. Tetapi sebagian besar justru mengganggu dan menimbulkan penyakit. Oleh karena itu perlu dilawan dengan mandi memakai sabun.

 

Bukan cuma berakibat bau badan, tapi juga

phototake-rm-photo-of-heat-rash-f1eac10e70c16aaf0337183447388fda.jpg

Bakteri yang menempel pada tubuh berhari-hari sudah jelas akan menimbulkan bau badan tak sedap. Gak cuma itu, sekalipun tidak mengeluarkan banyak keringat, bakteri juga dapat menyebabkan iritasi kulit sebagian dampak dari pengikisan kulit. Bisa dibayangkan dampaknya pada orang yang rajin berkeringat tapi jarang mandi. Hiii!

 

Kalau terpaksa gak sempat mandi, gimana dong?

emma-stone-easy-a-singing-in-shower-9505d219e6f57392cd96424645d7b82d.gif

Memang, ada kejadian-kejadian yang membuat kita sama sekali tidak bisa mandi, sakit misalnya. Kalau begini, gimana ya caranya agar tetap bisa ‘bersih’?

 

Holly L. Philips, M.D, seorang dokter kesehatan mengatakan bahwa jika kamu terpaksa tidak bisa mandi sama sekali selama maksimal dua hari, jangan lupa untuk tetap rutin mengganti baju. Selalu menjaga agar ketiak, lipatan leher dan wajah agar selalu bersih karena ketiga area ini merupakan area favorit bagi bakteri berkembang biak.

Meski begitu, Philips tidak menyarankan kita untuk terlalu sering mandi karena hal ini justru akan mengurangi minyak alami pada kulit yang justru membuatnya jadi kering dan bersisik.

Nah, sepanjang perjalanan hidupmu, berapa lama kamu tahan untuk gak mandi?

 

Sumber : idntimes

5 Manfaat Mutlak Kalau Kamu Rajin Berjalan Kaki Setiap Hari

Apa yang akan terjadi Pada Tubuhmu Kalau Tidak Mandi Selama 2 Hari? Ini Penjelasannya