,

Bisa Menghilangkan Amal Puasa, Ini Cara Menghindari Riya!

Riya’ merupakan salah satu penyakit hati yang harus dihindari. Riya’ adalah perbuatan yang dengan sengaja memperlihatkan atau menunjukkan amal ibadah kepada orang lain. Tujuannya, tentu saja untuk mendapatkan pujian dari orang yang melihatnya. Oleh karena itu jika kamu memiliki rasa riya’, pahala yang kamu peroleh akan hilang.

Selain hilangnya pahala, sifat riya’ juga dapat mencelakakan diri kamu di akhirat nanti. Sifat riya’ merupakan sifat yang sangat dibenci Allah, sehingga jika kamu memelihara sifat ini kamu akan jauh dari pertolongan-Nya.

Menghindari sifat riya’ di bulan Ramadan bukanlah sesuatu hal yang mudah. Salah satu tindakan yang dapat menimbulkan sifat riya’ adalah update status atau mengunggah foto saat sedang melakukan ibadah ke media sosial. Lalu bagaimana cara menghindarinya?

 

1. Menjaga tauhid.

Pertama tanamkan pada dirimu bahwa kita tidak apa-apanya dibandingkan kebesaran Allah SWT. Hanya Allah lah yang paling berhak memiliki semua sifat baik. Jika kamu selalu mengingat hal itu, maka otomatis kamu akan merasa kecil dan merasa tidak pantas untuk mendapatkan pujian.

 

2. Mendekatkan diri pada Allah.

Dengan berusaha mendekatkan diri pada Allah, maka kamu akan selalu berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan ikhlas. Saat kamu mengetahi bahwa sifat riya’ adalah sifat yang dibenci Allah, maka kamu tidak akan melakukannya.

 

3. Tempatkan dirimu sebagai hamba Allah.

Menyadari bahwa diri kita hanyalah hamba Allah yang selalu penuh kekurangan dan membutuhkan ridho-Nya. Cara agar kamu mendapat ridho Allah adalah dengan beribadah. Lalu, jika ibadah itu bertujuan untuk mendapat pujian, apakah kamu bisa mendapatkan ridho Allah?

 

4. Ingat dunia akhirat.

Dunia ini hanya sementara, akhirat lah yanng lebih kekal. Pasti kita semua ingin mendapatkan tempat yang nyaman bukan di akhirat nanti? Dengan begitu, kamu akan merasa takut jika memiliki rasa riya’. Marilah introspeksi dan merubah diri agar amal ibadah kita tidak terkikis.

 

5. Sembunyikan amal dan ibadah.

Jika kamu hendak beribadah atau beramal, sebisa mungkin sembunyikanlah. Menyembunyikan amal dan ibadah akan membuatmu belajar lebih ikhlas dalam melakukan kebaikan. Tenang saja, Allah maha tahu segalanya.

Nah bagaimana masih mau update gak nih sekarang?

Makanan dan Minuman Ini Ternyata Berbahaya untuk Berbuka Puasa

Bisa Menghilangkan Amal Puasa, Ini Cara Menghindari Riya!