,

Cara Membuat Cibay Ngelay Seuhah Asli Tasik nih !

Resep Cibay Pedas Khas Tasikmalaya Sederhana Spesial Asli Enak. Cibay merupakan kependekan singkatan dari cireng lebay makanan berupa camilan yang terbuat dari aci yang di bungkus kulit lumpia mirip keroket di dalamnya berisi adonan aci di tambah lagi isi ayam bumbu, bawang atau sosis bisa juga kornet, tetapi pembuatannya beda dari cireng rasa cibay mantap, kenyal kenyal kayak lem tapi empuk dan lembut, apalagi ditambah dengan isi ayam yang gurih semakin lengkap.

Aneka kreasi olahan cibay terbaru, yaitu resep cibay Tasik, resep cibay pedas, resep cibay Garut, dll. Ya begitulah jajanan dan makanan Sunda terutama berbahan dasar aci tepung kanji banyak sekali singkatan untuk namanya unik dan menarik untuk cemilan atau jajanan anak-anak, misalnya ada lagi yang namanya cilung, cimol, cireng, cilok, cihu, citruk, cilor, cigor, cigo, batagor, basreng, basmut, dll.

Apa itu arti cibay? Cibay adalah lumpia goreng yang berisi aci yang ngambay (basah), dan di dalam aci nya ada yang isi sosis atau suiran ayam bumbu, bagi pencinta pedas atau selera pedas tinggal masukan rawit yang sudah dihaluskan. Sering juga disebut Aci Ngabarabay, Cireng Lebay dan Aci Ngambay yang enak dan super pedas. Selain Tasikmalaya ternyata ada juga makanan Cibay isi khas Garut yang pedas dan isi daging ayam suwir. Berikut aneka resep cibay komplit yang di lengkapi dengan cara bikin sendiri di rumah.

RESEP CIBAY PEDAS KHAS TASIKMALAYA

BAHAN :

1.Kulit lumpia yang sudah jadi, secukupnya
2. 3 batang bawang daun
3. 1/2 gelas tepung aci
4. Air sebanyak dua gelas
5. Penyedap rasa atom bulan secukupnya
6. Garam secukupnya
5 buah Cabe rawit untuk penggila pedas tinggal di tambah
6. Ayam suwir atau potongan sosis
7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

CARA MEMBUAT CIBAY PEDAS KHAS TASIK :

  1. Panaskan wajan dengan api sedang, masukkan tepung aci yang sudah di campur dengan air,
  2. kemudian aduk-aduk, masukkan bahan lain irisan bawang, suiran ayam atau potongan sosis,
  3. garam secukupnya, penyedap rasa, kemudian cabe rawit yang telah dihaluskan untuk penyuka pedas, lalu aduk-aduk hingga warnanya bening. Lalu angkat.
  4. Langkah kedua masukan adonan ke dalam lumpia, nah tinggal goreng hingga kering.
  5. Kulit luarnya kres kriuk renyah dan didalamnya langsung lumer di mulut saking lembutnya.
  6. Makanan yang satu ini lagi marak di kota Tasik.
  7. Sajikan, jika masih kurang pedas bisa tambahkan bon cabe super hot diatasnya atau bisa pakai saus sambal botolan extra pedas.

Resep Kue Tradisional Wajik Ketan Khas Dari Tasikmalaya

Cara Membuat Cibay Ngelay Seuhah Asli Tasik nih !