Cara Sederhana Membuat Tahu Bulat Khas Tasikmalaya


Tasikasik.com – Tahu bulat merupakan makanan yang akhir-akhir ini sedang booming berkat kreatifnya para penjual tahu bulat yang berkeliling menggunakan mobil bak terbuka lengkap dengan suara rekaman khas yang melekat terdengar di masyarakat. “Tahu bulat limaratusan digoreng dadakan gurih-gurih enyooyyy” ya seperti itulah kira-kira bunyinya karena saking seringnya mobil tersebut berkeliling sampai-sampai suara khas tersebut terasa melekat di kepala.

Tahu bulat ini merupakan sebuah inovasi yang diciptakan masyarakat Priangan Timur khususnya Tasikmalaya dan Ciamis. Inovasi ini rupanya cukup berhasil mendongkrak pemasaran tahu sampai ke seluruh Indonesia. Tak hanya di Jawa Barat, mobil keliling Tahu Bulat ini sekarang sudah sampai ke beberapa propinsi di Indonesia bahkan hingga pulau-pulau seberang seperti Sumatera dan Kalimantan.

Untuk membuat Tahu Bulat sebenarnya cukup mudah dan anda bisa mempraktekannya di rumah. Coba ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk membuat Tahu Bulat enak dan renyah :

Bahan yang diperlukan :

  • 6 Buah Tahu, Hancurkan
  • 2 Butir telur, kocok lepas
  • Tepung terigu secukupnya
  • 1/2 bungkus kaldu instan

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica

Langkah-langkah pembuatan Tahu Bulat :

  1. Peras tahu menggunakan kain bersih hingga benar-benar kering. Setelah kering, masukkan tahu kedalam wadah.
  2. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, telur, kaldu instant dan tepung terigu. Aduk rata.
  3. Bentuk adonan tahu bulat-bulat. Kemudian goreng dalam minyak panas yang cukup banyak dengan api sedang hingga matang. Hati-hati dalam membalik agar tahu tidak pecah. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Tahu Bulat ini sangat cocok dimakan dengan berbagai bumbu tambahan seperti cabe bubuk, cabe rawit, bumbu kecap, bumbu kacang dan bumbu lainnya.