Dilarang! Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Depan Orang Puasa


Puasa merupakan ibadah menahan segala hawa nafsu, termasuk nafsu makan, minum, syahwat, dan sebagainya. Bukan hal mudah untuk melakukannya, apalagi bila ada orang-orang yang sengaja menggodanya. Puasa harus dilakukan sebagai perintah agama. Bagi kita yang tidak puasa, sebaiknya kita tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat orang lain merasa ingin makan, minum, bergosip, atau melakukan hal yang dilarang. Apa saja hal-hal yang dilarang itu?

 

1. Kamu tidak boleh dengan sengaja makan dan minum di depan orang puasa.

Kita memang tidak bisa melarang seseorang makan dan minum. Tetapi tidak semestinya kita melakukan kegiatan tersebut dengan niat ingin menggoda. Apalagi niat menggoda agar orang yang berpuasa membatalkan puasanya.

 

2. Kamu tidak boleh mempertontonkan bokep dengan niat menerbitkan nafsu syahwat.

Apalagi keisengan satu ini yang luar biasa berdosa. Nonton video porno waktu hari biasa saja bisa masuk dalam zina mata. Apalagi melakukannya waktu bulan puasa dengan niat untuk membatalkan puasa seseorang.

 

3. Kamu tidak boleh mengolok-olok kegiatan orang yang berpuasa.

Isu agama adalah persoalan yang sensitif. Jangan sampai melakukan penghinaan terhadap agama, karena bisa mendapat masalah dari hukum dan masyarakat. Apalagi mengolok aktifitas beribadah orang yang berpuasa.

 

4. Kamu tidak boleh berisik sewaktu tengah malam.

Orang berpuasa menghadapi cobaan yang berat. Jam istirahatnya terpotong karena harus bangun pagi buat untuk sahur. Belum lagi harus menjalani aktivitas seperti biasa. Capeknya pasti berlipat-lipat. Karena itu jangan sampai kita berisik sewaktu tengah malam karena bisa mengganggu istirahat mereka.

 

5. Kamu tak boleh dengan sengaja nyusahin orang puasa.

Jangan menyusahkan orang puasa dengan sengaja. Misalnya sengaja minta tolong kerja berat hanya untuk “ngerjain”. Contohnya nyuruh mereka bawa barang-barang yang berat, keliling mall yang gede, atau nemenin rempongnya belanja. Tunjukan sedikit rasa empati.

 

6. Kamu tak boleh mengajak orang puasa untuk dugem.

 

Apalagi buat kegiatan yang satu ini. Kalau muslim minum minuman beralkohol, ibadahnya tidak diterima selama 40 hari. Pastikan kamu tidak melakukan ini.

 

7. Kamu tidak boleh membohongi orang puasa.

Jangan membohongi orang berpuasa. Misalnya berbohong soal adzan Magrib. Kita sengaja mengatakan kepada orang yang berpuasa bahwa adzan Magrib sudah tiba, padahal belum. Hal ini berakibat fatal hingga puasa orang tersebut batal sebelum waktunya.

 

8. Kamu tidak boleh mengancam orang puasa buat membatalkan ibadahnya.

Seorang muslim tidak boleh membatalkan puasanya, kecuali ada sebab-sebab darurat atau membayakan dirinya sendiri. Maka, kita jangan sampai berusaha membatalkan puasa orang lain ya. Kebayang, kan besar dosanya?

Selamat menjalankan ibadah puasa, guys. Mari kita jaga toleransi dalam kebebasan beragama bersama-sama ya.