Hati-hati! 5 Hal Ini Sering Menguji Kesabaranmu Saat Puasa


Saat puasa, kadar kesabaran harus ditambah berlipat-lipat. Karena akan adaa saja yang menguji kesabaran kita saat puasa. Kalau kita terpancing emosi atau tak bisa menahan lapar dan dahaga, maka puasa kita sia-sia. Bukan mendapat pahala, malah bisa-bisa mendapatkan dosa. Nggak mau kan ibadah kita sia-sia belaka. Coba kenali dulu apa saja yang biasa menguji kesabaran kita saat puasa.

 

1. Berdesakan di dalam kendaraan umum.

Pagi-pagi berangkat kerja menggunakan kendaraan umum, tak jarang kamu harus rela berdesakan di dalamnya. Tidak sengaja tersenggol maupun kakimu terinjak pasti sering kamu alami. Tapi jangan sampai kamu meluapkan emosimu ya, hanya arena hal sepele seperti itu. Pejamkan mata, tarik nafas panjang, dan maafkanlah. Pasti hatimu lebih damai.

 

2. Disalahkan atas kesalahan yang tidak kamu buat.

Meskipun puasa, kamu tetap harus beraktivitas secara normal. Salah satunya bekerja. Dalam bekerja, terkadang ada kelalaian yang terjadi. Nah, kalau sudah terjadi kelalaian, bisa jadi kamu yang dipanggil oleh atasanmu. Meskipun bukan kamu yang melakukan kesalahan, seringkali kamu ikut kena getahnya dan dimarahi atasanmu. Hati-hati nih jangan sampai kamu ikut terbawa emosimu. Kesabaranmu sedang diuji, nih saat ini.

 

3. Jalanan macet total padahal sudah dekat waktu berbuka puasa.

Kamu sudah membayangkan akan buka puasa bersama keluarga di rumah. Faktanya, kondisi jalanan macet total. Rasa khawatir tidak keburu untuk mengejar waktu berbuka seringkali dibarengi dengan emosimu melihat keadaan jalan yang macet total. Alhasi, banyak orang mulai membunyikan klaksonnya dan menambah keriuhan jalanan yang macet total. Sabar ya, emosi tidak akan membuat jalanan macet menjadi lancar, yang ada kamu menjadi stres.

 

4. Semua restoran penuh. Mau buka di mana nih?

Kamu berencana buka puasa di mal atau tempat makan tertentu. Ternyata semua restoran penuh dengan orang-orang yang berbuka puasa bersama. Padahal waktu buka puasa sebentar lagi dan perutmu sudah keroncongan. Daripada emosi, lebih baik kamu masuk ke dalam waiting list atau berbagi meja dengan orang lain kalau diijinkan. Kamu juga bisa ke masjid terlebih dahulu, supaya nggak kepikiran salat waktu makan.

 

5. Bergosip

Perempuan dan gosip seringkali menjadi label yang susah dilepaskan. Apalagi saat berkumpul bersama. Ada saja gosip yang dibahas. Ingat lho, kamu sedang berpuasa kamu, harus dapat menahan diri kamu. Jangan sampai kamu menjelekkan orang lain. Masih banyak hal positif yang bisa kita bahas, kan? Daripada puasanya sia-sia, kan sayang.