Inilah 11 Cara Salam yang Unik dari Berbagai Negara


Masing-masing suku dan bangsa pasti punya budaya dan tradisinya masing-masing. Jangankan di negara lain, di Indonesia aja kamu bisa nemuin banyak banget perbedaan tradisi antar suku, pulau, bahkan tradisi antar keluarga. Apalagi kalo dibandingin sama tradisi-tradisi di negara lain, bakal bikin kamu mikir aneh banget kalo dilakuin di sini. Termasuk soal cara salam!

1. Hongi – Selandia Baru

Hongi

Penduduk asli di Selandia Baru, Maori, punya tradisi salam yang disebut Hongi. Hongi artinya “berbagi napas kehidupan”. Salam ini dilakuin dengan cara dua orang berdekatan sampe hidung masing-masing saling bersentuhan.

2. Tos – Zimbabwe

Tos-tosan emang sering dilakuin di mana-mana, termasuk di Zimbabwe. Kalo di sana, tos-tosan dilakuin sebagai salam dan perpisahan. Uniknya, cara tos-tosan cewek sama cowok beda nih. Cowok tos dengan tangan yang datar, kalo cewek tos nya dengan telapak tangan melengkung kayak membentuk cup.

3. Kunik – Alaska

Buat orang-orang Inuit yang tinggal di Alaska, salam Kunik atau yang juga dikenal sebagai Eskimo kiss adalah hal yang biasa dilakuin ke pasangan dan keluarga. Caranya hampir sama kayak Hongi, yaitu hidung saling bersentuhan dan ditambah dengan sentuhan pada bibir bagian atas. Trus yang bikin lebih unik, kalo lo ngelakuin Kunik sambil sedikit mengendus-ngendus, tandanya lo lagi mengungkapkan kasih sayang gitu.

4. Menekan jempol – Africa

Di beberapa  bagian di Afrika, cara seseorang menyambut orang lain adalah dengan menekan jempol si orang tersebut. Cara menekannya dengan ngegunain dua tangan sekaligus gitu, tapi jangan kenceng-kenceng ya, ntar orangnya marah.

5. 3 langkah salam – Botswana

Botswana

Botswana, negara di Afrika bagian Selatan punya tiga langkah salaman. Bukan cuma salam a la-a la hiphop atau bro “whatsupppp!” aja nih yang suka pake step macem-macem tiap ketemu, salaman tradisionalnya Botswana juga punya tiga langkah. Pertama, berjabat tangan normal, abis itu jempol sama jempol saling mengangkat dan bersentuhan, trus balik lagi deh ke jabat tangan. Selagi salaman, tangan yang satunya diletakkin di siku yah.

6. Jabat tangan singkat – Cina

Cina

Sekilas cara salaman di Cina kayaknya normal aja, jabat tangan biasa. Tapii, jabat tangannya harus cepet dan sebisa mungkin sentuhannya jangan banyak-banyak. Daaan, jangan ngeliat mata orang tersebut saat lo lagi salaman, itu tanda nggak sopan.

7. Membungkuk – Jepang, Korea Selatan

Di negara-negara Asia Timur kayak Jepang dan Korsel, lo akan menemukan banyak orang yang membungkuk satu sama lain. Itu tanda salamnya mereka. Kalo yang casual, bisa dilakuin dengan anggukan kepala aja, tapi kalo sama orang yang lebih tua dan lo hormatin banget, bisa bungkuk sampe badan membentuk 90 derajat.

8. Wai – Thailand

Orang-orang Thailand juga menganggukkan kepala kalo salam, tapi dengan kedua tangan ditangkupkan di depan. Semakin tinggi posisi tangannya, berarti semakin tinggi hormatnya.

9. Menjulurkan lidah – Tibet

Kalo di sini lo ngejulurin lidah ke om lo atau nenek lo, lo bisa dipecat dari keluarga. Tapi kalo di Tibet, itu adalah gestur salam yang biasa dilakuin. Tradisi ini awalnya dilakuin sejak pemerintahan Lang Darma di abad ke-9, orang-orang disuruh menjulurkan lidahnya sebagai bukti mereka bukan reinkarnasi dari raja.

10. Meludah – Kenya dan Tanzania

Ini aneh banget sih. Di mana-mana ngeludah tuh nggak sopan, tapi itu justru merupakan tradisi dari suku Maasai di Kenya dan Tanzania. Mereka meludah satu sama lain sebagai tanda salam dan tanda hormat. Tapiii, suku yang lebih muda harus meludahi tangan mereka sendiri dulu sebelum nawarin ke orang yang lebih tua. Sungguh aneh.

Bonus: 11. Cium tangan, tos-tosan, cipika-cipiki – Indonesia

Kalo di Indonesia sih banyak banget gaya salamnya. Ke orangtua, guru, om tante, kakek nenek, apalagi calon mertua, lo pasti cium tangan sebagai tanda hormat. Kalo lagi kumpul arisan, nggak lupa cipika-cipiki. Kalo sok asik sama tongkrongan, tos-tosan. Macem-macem deh!

kalau kalian biasa gimana?

 

sumber:provoke-online