, ,

Inilah 5 Tips Penting Menjaga Kesehatan untuk Kamu yang Lebih Suka Bekerja Larut Malam

Kamu termasuk orang yang semangat dan energinya baru muncul setelah matahari terbenam? Tenang, hal itu nggak aneh, kok. Kalau kamu memang baru gereget kerja saat malam hari, maka kamu tergolong night owls. Dilansir dari laman Huffington Post, ternyata menjadi night owls ini memang sudah bawaan gen, lho!

Menurut Michael Breus, psikolog klinis dan pakar masalah tidur, para night owls ini seringkali nggak merasa lelah atau mengantuk bahkan saat jam sudah menunjukkan pukul 1 atau 2 dini hari. Dan karena memang hal ini juga hasil gen, nggak heran kalau para night owls kesusahan kalau harus membiasakan ikut dengan rutinitas ‘orang normal’.

Nggak hanya masalah gen, kadang orang-orang terbentuk menjadi night owls karena tuntutan pekerjaan. Misalnya, para dokter dan paramedis yang harus berjaga malam, para pelayan resto dan swayalan 24 jam, hingga para penulis yang idenya memang hanya baru muncul di malam hari. Sederhananya, untuk lepas dari kebiasaan kerja di malam hari bakal susah bagi beberapa orang.

Sayangnya, ternyata berbagai riset membuktikan kalau menjadi night owls ini jelas berbahaya untuk kesehatan tubuh, lho! Mulai dari ancaman obsesitas, diabetes, sindrom Bell’s Palsy, bahkan sampai kanker dan serangan jantung lebih rentan menyerang kita yang doyan kerja malam. Terus, bagaimana ya tips kesehatan bagi kita yang sering bekerja larut malam? Nah, ini dia 5 tips sehat untuk para night owls dari Dokter Craig Maxwell, dokter yang sudah 30 tahun menangani berbagai masalah di Medical Center, Metamora, Indiana, Amerika Serikat.

 

Paling penting: Tidur secara teratur.

Nggak harus tidur di jam ‘orang normal’, baik itu dari jam 1 dini hari sampai 9 pagi atau malah 4 dini hari sampai 12 siang, intinya adalah tidur dengan pola yang konsisten. Durasi dan jam tidur yang konsisten setiap hari itu penting bagi para night owls. Dengan memiliki waktu tidur yang konsisten ini, ritme sirkadian tubuh kita bakal tetap terjaga dan kita bisa terhindar dari penyakit kronis.

Kalau memang kita mau mencoba tidur di pagi atau siang hari, usahakan memilih tempat yang benar-benar gelap. Tutup tirai dan gunakan penutup mata. Kenapa? Karena, situasi gelap akan mendorong produktivitas hormon melatonin yang jelas penting banget sebagai hormon tidur kita.

Berteman dengan sinar matahari.

Meski nyatanya bakal susah banget bagi kita untuk bangun dan menikmati matahari, apalagi di cuaca mendung macam ini, kita tetap harus berteman sama sinar matahari. Kalau perlu, cari sinar matahari itu. Begitu cuaca lagi cerah, kita bisa duduk-duduk santai di teras atau sekedar jalan-jalan mengitari kantor atau rumah selama 30 menit sampai satu jam.

Sinar matahari ini penting banget bagi tubuh karena kandungan vitamin D3-nya. Menyerap vitamin D3 yang cukup, bisa menghindarkan kita dari depresi dan ketidakseimbangan hormon. Jadi, kita nggak bakal mudah galau dan sakit, deh!

Perhatikan asupan makanan.

Memang sih, nggak hanya pekerja larut malam doang yang butuh nutrisi dari asupan makanan. Tapi, ternyata para night owls ini membutuhkan lebih banyak nutrisi dari asupan makanannya, lho! Kenapa begitu? Karena, kita sudah tahu kan, kalau bekerja larut malam ini sangat rentan terserang penyakit. Itu sebabnya, kita butuh membangun imunitas tubuh yang lebih kuat untuk memerangi risiko itu. Nah, daripada ngemil atau makan junk/instant food, lebih baik kita mulai sukai makanan macam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, ikan, hingga lemak sehat seperti dari kelapa dan alpukat.

Olahraga secara rutin.

Risiko yang paling sering menyerang para pekerja larut malam adalah obesitas, penyakit jantung, dan juga sindrom Bell’s Palsy. Itulah sebabnya, kita nggak boleh membiarkan tubuh kita nganggur dan nggak bergerak begitu saja. Olahraga jadi hal yang penting banget, mulai dari sekedar jalan kaki, lari, berenang, sampai naik gunung yang tentu bagus untuk kesehatan sistem peredaran darah kita. Nggak hanya mencegah penyakit jantung, melakukan olahraga di luar ruangan juga bisa membuat kita lebih akrab dengan matahari, bukan?

Konsumsi Vitamin D3.

Ternyata, kekurangan vitamin D3 adalah salah satu masalah paling banyak dialami oleh para night owls atau kita yang doyan kerja malam. Nah, karena mendapatkan vitamin D3 dari sinar matahari cukup susah di cuaca mending begini, kita sebetulnya butuh banget suplemen Vitamin. Kenapa? Ketika tubuh kita kekurangan Vitamin D3, kita bakal rentan banget mengalami depresi, terpapar penyakit autoimun, penyakit jantung, bahkan kanker! Tapi tetap ya, kadar asupan vitamin D3 ini harus sesuai anjuran dokter atau pakar kesehatan!

Apa yang akan terjadi Pada Tubuhmu Kalau Tidak Mandi Selama 2 Hari? Ini Penjelasannya

Inilah 5 Tips Penting Menjaga Kesehatan untuk Kamu yang Lebih Suka Bekerja Larut Malam