Inilah Tujuh Manfaat Tak Terduga Membiasakan Menarik Napas Panjang dan Dalam


Aktivitas bernapas terjadi begitu saja dan sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Padahal, ada begitu banyak rahasia kesehatan tersembunyi di baliknya jika kita mampu mengolah pernapasan secara baik dan benar. Tahukah Anda, pernapasan cepat dan dangkal dapat menghalangi sistem dalam tubuh memperoleh oksigen memadai agar dapat bekerja dengan baik dan pada tingkat maksimalnya.

Sebaliknya, pernapasan yang dalam dan panjang dapat meningkatkan mood sekaligus bahkan memperpanjang umur seseorang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk duduk dan berlatih pernapasan dalam minimal satu kali sehari. Berikut beberapa manfaat tak terduga menarik napas dalam bagi kesehatan tubuh maupun mental.

1. Menyingkirkan Racun dalam Tubuh

Tubuh menyingkirkan racun dalam tubuh melalui berbagai proses seperti buang air kecil, buang air besar, dan berkeringat. Namun, tahukah Anda bahwa bernapas ternyata juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Setiap kali kita bernapas, tubuh akan memperoleh asupan oksigen yang dibutuhkan dan karbondioksida akan ikut serta dikeluarkan bersamaan dengan membuang napas.

2. Mengurangi Stres

Pernapasan dalam ternyata juga dapat mengurangi stres. Oksigen yang masuk akan membuat tubuh sedikit lebih rileks dan membantu otak berpikir lebih jernih. Pernahkah Anda menyadari, saat stres, pernapasan akan menjadi lebih dangkal dan otot-otot akan berkontraksi. Lakukanlah pernapasan dalam-dalam dan rasakanlah, tubuh akan menjadi lebih rileks dan ketegangan pikiran akan sedikit berkurang.

3. Meningkatkan Kepuasan Seksual

Pernapasan dalam juga bisa membantu seseorang menikmati kepuasan seksual yang lebih baik, dalam hal ini adalah kenikmatan orgasme. Pernapasan yang dalam dan panjang juga dapat meningkatkan suplai darah ke alat vital saat berhubungan intim.

4. Meningkatkan stamina Tubuh
Pernafasan dalam ternyata juga bisa meningkatkan stamina tubuh bila sedang melakukan aktivitas fisik tertentu, kita cenderung menjadi terengah-engah karena paru-paru berusaha keras untuk mendapatkan lebih banyak udara. Istirahatlah sejenak, dan tarik nafas panjang dalam-dalam untuk mengembalikan stamina tubuh.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Beberapa praktisi yoga mengatakan bahwa latihan pernafasan dalam jika dilakukan secara rutin selama enak bulan dapat membantu seseorang berhenti merokok secara alami. Tentu saja hal ini juga harus disertai dengan keinginan dan niat yang kuat untuk bisa berhenti merokok.

6. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru
Kesehatan paru-paru akan tetap terjaga jika kita mau menumbuhkan kebiasaan bernafas sehat dalam kehidupan sehari-hari. Pernafasan dalam merupakan aktivitas olahraga yang manfaatnya dapat mencegah kondisi seperti sesak dada,flu, dan sinusitis.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh
Pernafasan dalam juga bisa meningkatkan sirkulasi dan kualitas darah dalam tubuh. Dalam penyebarannya, sel darah memerlukan oksigen agar bekerja secara baik dan optimal. Lakukanlah pernafasan dalam secara rutin setiap hari untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber : kampungbaca.com