Jangan Khawatir! 6 Penyakit Ini Justru Sembuh Berkat Puasa Ramadhan


Tidak ada kewajiban berpuasa bagi orang sakit. Bahkan, mereka justru diharamkan berpuasa jika sakitnya tergolong parah karena bisa memperburuk kesehatannya. Tetapi, tak semua orang sakit tidak bisa berpuasa. Kamu yang menderita salah satu dari 7 penyakit ini justru disarankan untuk tetap berpuasa karena justru bisa menyembuhkan.

 

1. Aduh melilit, maagku kambuh.

Dilansir dari Center for Nutrition Studies, puasa justru disarankan untuk penderita maag, kecuali penderita maag organik (ada sesuatu yang tidak normal di dalam lambung). Saat puasa, pola makanmu akan jadi lebih teratur dan ini bisa menyembuhkan maag yang kamu derita.

 

2. Berat badanku kapan turun ya?

Puasa sudah lama dipercaya sebagai salah satu cara untuk dapat menurunkan berat badan. Selama puasa, jumlah kalori yang dikonsumsi normalnya akan berkurang dan ini sangat berpengaruh terhadap berat badan. Syaratnya, kita juga harus memperhatikan makanan apa saja yang bagus dikonsumsi saat buka dan sahur. Tidak berlebih mengonsumsi karbohidrat, lemah, dan gula akan dapat membantu penderita obesitas menurunkan berat badan selama puasa.

 

3. Noo! Jerawatku muncul lagi!

Melansir Skinverse, ketika tubuhmu berhenti mencerna makanan selama beberapa waktu maka tubuh akan berfokus pada proses lain. Proses yang dimaksud termasuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, gatal, dan bahkan jerawatan.

 

4. Menurunkan kadar kolesterol.

Saat berpuasa terjadi proses biologis di dalam tubuh yang mengubah LDL (kolesterol jahat) menjadi energi, melansir Sciencedaily. Hal ini disebabkan saat puasa tubuh akan mencari sumber-sumber energi lain untuk dapat bertahan.

 

5. Go away, diabetes!

1296x728-high-cholesterol-cormorbidities-what-you-need-to-know-ac6a43ea3070f0571f549716f1078b47.jpg

Jika kamu berpuasa diasumsikan gula dan karbohidrat yang kamu konsumsi akan semakin berkurang sehingga risiko terhadap penyakit ini juga sama berkurangnya. Puasa sudah dikenal sebagai penyembuh diabetes sejak lebih dari 100 tahun lalu, menurut Dietdoctor.

 

6. Hipertensi? Tidak lagi!

Health24, menjelaskan bahwa puasa dapat mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi atau hipertensi. Tak hanya disebabkan oleh konsumsi makanan, kondisi pikiran yang lebih tenang juga menjadi salah satu penyebabnya.

Nah, ternyata nggak semua orang sakit dianjurkan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan kan ya?