Kamu Pekerja Lapangan? 5 Tips Ini Bikin Puasamu Lancar


Puasa wajib hukumnya bagi umat muslim. Tak peduli apapun jenis kelaminmu, apa pun pekerjaanmu kamu wajib menjalankannya. Lalu, bagaimana jika kamu adalah seorang pekerja lapangan yang harus melakukan pekerjaan yang berat di tengah teriknya matahari?

Kamu gak perlu khawatir, beberapa tips ini mungkin bisa membantumu berpuasa dengan lancar meskipun kamu harus bekerja di lapangan.

 

1. Bekerja lebih pagi.

Pada bulan puasa, biasanya kantor memiliki jam masuk lebih siang daripada biasanya. Namun gak ada salahnya kan jika kamu berangkat lebih pagi? Hal juga agar mempercepat pekerjaan kamu. Karena saat pagi, cuaca juga belum terlalu terik.

 

2. Atur pola makan sahur dan buka dengan baik.

Jangan langsung makan berat saat berbuka. Ada baiknya kamu minum air putih dan makan makanan ringan terlebih dahulu. Satu jam setelah itu barulah kamu bisa menikmati makanan berat secukupnya, hal ini agar perutmu tidak kaget. Dan jangan pernah melewatkan sahur, meskipun perut belum nafsu makan karena masih terlalu pagi. Sahur bisa memberikan energi saat kamu melakukan pekerjaan berat.

 

3. Tetap terhidrasi.

Salah satu kendaala utama bagi pekerja lapangan adalah rasa haus karena teriknya sinar matahari yang menyengat kulit. Jika gak ada cairan masuk, bisa jadi kamu akan dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah banyak air putih saat sahur, berbuka dan pada malam hari.

 

4. Lakukan olahraga.

Kamu salah besar jika menganggap olahraga tidak cocok dilakukan saat puasa. Justru dengan tetap olahraga, kamu bisa menjaga daya tahan tubuh tetap baik saat puasa. Namun, kamu juga harus menyesuaikan jam dan jenis olahraga apa yang cocok dikerjakan saat puasa.

 

5. Manfaatkan jam istirahat.

Saat menjalani puasa, kamu harus menghemat energi. Buat kamu para pekerja lapangan, coba manfaatkan waktu istirahatmu sebaik mungkin. Kamu bisa cari tempat yang baik untuk berteduh dan memulihkan tenaga.

Gimana kalau gini sudah siap puasa? Semoga puasamu besok lancar ya!