,

Kesehatan Kulit Selama Puasa, Hindari 7 Makanan Ini!

Bagi wanita, perawatan tubuh itu sangat penting. Mulai dari wajah, rambut, kuku, sampai kulit semuanya dirawat demi mendapatkan penampilan terbaiknya. Buat kamu yang sering bete karena jerawatan, kulit berminyak atau bahkan kulit kering, mungkin kamu mengkonsumsi makanan yang seharusnya kamu hindari.

Akibatnya, walaupun kamu menghabiskan uang banyak untuk perawatan, tapi kalau makanan yang sering kamu makan itu bisa menyebabkan kerusakan pada kulitmu, maka percuma saja. Berikut ini ada 7 makanan yang harus kamu hindari agar kamu terhindar dari kulit yang keriput.

 

1. Kebanyakan garam bisa membuat kulit bengkak.

Kata ahli dermatologi Margaret Ravits, mengonsumsi garam bisa membuat kulit membengkak, terutama pada bagian kulit tipis seperti bagian bawah mata. Heidi Waldorf, Direktur Dermatologi Laser dan Kosmetik di Mount Sinai Medical Center di New York City, dengan mengurangi konsumsi garam yang berlebihan, kamu bisa mencegah adanya peradangan pada kulitmu.

 

2. Susu bisa menyumbat pori-pori.

Jika kamu terbiasa minum susu saat sahur, maka ada berita buruk untukmu. Pasalnya, kata pendiri Curology Dr. David Lortscher, susu mengandung komponen hormonal tertentu yang bisa menghasilkan minyak. Semakin banyak minyak yang dihasilkan oleh tubuhmu, maka semakin besar juga kemungkinan pori-porimu tersumbat dan menyebabkan jerawat. Lortscher juga mengatakan jika kamu tetap ingin minum susu maka kamu bisa mengganti susu biasa dengan susu kedelai atau almond.

 

3. Kebanyakan gula bisa membuatmu kelihatan tua.

Semua wanita pasti melakukan perawatan untuk membuat kulit menjadi lebih muda dari usia sebenarnya. Nah, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, kamu bisa terlihat tua dan perawatanmu tadi akan sia-sia saja. Kata Debra Jaliman, seorang dermatologis, makanan yang tinggi kandungan gulanya bisa menggulung kolagen sehingga menyebabkan keriput dini. Jika kamu suka makanan manis, maka kamu bisa mengganti makanan manis tersebut dengan buah yang mengandung rasa manis alami dan antioksidan yang bisa melawan penuaan dini.

 

4. Keripik kentang membuatmu mengalami penuaan dini.

Patricia Harris, seorang ahli kulit dan penulis The Sugar Detox mengatakan bahwa dalam satu bungkus kripik kentang saja, mengandung bagitu banyak garam yang bisa mengakibatkan peradangan kulit. Belum lagi kentangnya yang mengandung karbohidrat berlebihan bisa menghasilkan minyak. Pikirkan tentang garis-garis halus yang akan muncul sebelum kamu memutuskan untuk sering memakannya.

 

5. Mentega bisa menyebabkan keriput.

Mentega mengandung susu, sedangkan susu merupakan sumber penghasil minyak pada kulit. Selain menyebabkan jerawat, mentega juga bisa membuatmu keriput lebih cepat. Dalam sebuah penelitian di Journal of American College of Nutrition tahun 2001, mereka yang memiliki asupan mentega dan produk susu lebih tinggi mengalami kerutan kulit lebih banyak, dibandingkan mereka yang mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan minyak zaitun. Jadi, jika kamu terbiasa menggoreng makanan menggunakan mentega, lebih baik kamu menggantinya sekarang dengan minyak zaitun.

 

6. Kerang bisa menyebabkan jerawat.

Kerang merupakan sumber yodium tingkat tinggi kata ahli kulit Neal B. Schultz. Tingkat yodium yang tinggi, bisa menyumbat pori-pori kamu dan pada akhirnya menyebabkan munculnya bercak-bercak merah. Kata Judith Brown, seorang penulis buku Every Women’s Guide to Nutrition. Bukan berarti kamu tidak boleh makan kerang sama sekali, Schultz mengatakan kamu bisa mengurangi mengonsumsinya. Jika biasanya kamu makan kerang 3 kali seminggu, maka kurangi menjadi 3 kali sebulan.

 

7. Daging menyebabkan penuaan dini.

Daging menimbulkan pro-kontra karena daging memiliki manfaat sekaligus kekurangan. Dr. Mitch Chasin menjelaskan bahwa daging mengandung kadar karnitin tinggi yang dapat mengeras pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan penuaan dini. Daging merah juga dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron dalam tubuh, dapat menyebabkan sel kulit tumbuh dan sebum yang diproduksi lebih banyak.

Itu dia tadi 7 makanan yang bisa menghancurkan kesehatan kulitmu, terutama jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, apalagi saat puasa. Imbangi perawatan kulitmu dengan mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan kulitmu menjadi rusak, ya. Bukan tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, melainkan mengurangi kadarnya saja.

4 Fakta & Mitos Konsumsi Es Saat Buka Puasa

Kesehatan Kulit Selama Puasa, Hindari 7 Makanan Ini!