, ,

Makanan dan Minuman Ini Ternyata Berbahaya untuk Berbuka Puasa

Menu takjil untuk berbuka puasa sangat bervariasi. Dari mulai olahan kolak, sop buah, berbagai macam kreasi minuman dengan es, kue-kue, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang tidak memikirkan manfaat atau bahaya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa tersebut. Padahal, terdapat beberapa jenis makanan, minuman, dan buah-buahan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi saat pertama berbuka dalam keadaan perut kosong.

Dilansir dari berbagai studi ilmu kesehatan, berikut adalah berbagai jenis minuman, makanan, dan buah-buahan yang sebaiknya dihindari saat pertama berbuka puasa.

 

1. Kopi

Kafein yang terkandung didalam kopi tidak baik untuk lambung pada perut yang kosong. Kafein di dalam perut yang kosong dapat meningkatkan kadar asam di perut. Hal tersebut dapat menyebabkan mulas (heartburns), gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus besar, maag, dan penyakit acid reflux. 

Mulai sekarang cobalah hilangkan menu kopi dari takjil berbuka. Sebagai gantinya, kopi lebih baik diminum beberapa saat setelah makan, atau saat selesai solat tarawih.

 

2. Teh

Teh manis dingin dan teh manis hangat sering menjadi suguhan pertama berbuka. Akan tetapi, lebih baik kamu menghindarinya mulai saat ini. Kebalikan dari kopi, teh dapat mengurangi asam di dalam perut dan di dalam empedu. Hal tersebut memicu terjadinya mual yang dapat menyebabkan muntah, gugup, menurunnya nafsu makan, dan apabila sering dilakukan dapat merusak lapisan dinding perut.

Jadi, daripada diminum untuk membatalkan puasa, teh lebih baik diminum sebagai penutup aktivitas makan.

 

3. Eskrim

Eskrim memang sangat menarik untuk dijadikan makanan berbuka puasa. Akan tetapi, karena pada saat berbuka puasa perut masih kosong, sebaiknya menu eskrim disingkirkan terlebih dahulu. Kandungan gula yang banyak dan suhu eskrim yang sangat dingin tidak baik untuk perut. Karena dapat menyebabkan pembengkakan dinding perut.

Jadi, lebih baik eskrim disimpan dulu untuk dikonsumsi setelah makan.

 

4. Yogurt

Makan yogurt saat berbuka puasa? Hmm, terdengar sangat menyehatkan, bukan? Tapi, jangan tertipu. Yogurt sebenanrya tidak cocok dikonsumsi saat perut kosong. Saat perut kosong, asam di perut tergolong cukup tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan bakteri asam laktat yang terkandung di dalam yogurt cepat mati. Sehingga yogurt kehilangan sebagian besar manfaatnya.

Jadi, daripada sia-sia mengkonsumsi makanan yang kurang bermanfaat, lebih bak dihindari. Yogurt sebaiknya dikonsumsi setelah perut mendapatkan cukup makanan, sehingga asam di perut menurun dan bakteri asam laktat yang terkandung di dalam yogurt dapat memberi manfaat yang lebih baik.

 

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang dingin memang sangat menggoda di bulan puasa. Akan tetapi, kamu harus mulai menahan godaan minuman dingin bersoda saat berbuka puasa. Karena minuman bersoda dapat merusak perutmu!

Minuman bersoda memiliki kadar asam (acid) dan gas yang tinggi. Apabila dikonsumsi saat perut kosong, kadar asam dari minuman besoda beradu dengan asam di perut yang akan memicu terjadinya sakit perut, kram perut, dan perut kembung. Rasa sakit di perut dapat dialami secara berbeda, dan minuman bersoda dapat menimbulkan sensasi sakit yang luar biasa.

 

6. Buah Jeruk

Mengkonsumsi buah saat perut kosong memang tampak menyehatkan. Namun, ternyata tidak untuk semua jenis buah-buahan!

Buah jeruk berbahaya dikonsumsi saat perut kosong, lagi-lagi karena kandungan asamnya yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan perut mulas, mengiritasi bagian bawah kerongkongan, bahkan dapat meningkatkan risiko terkena radang perut. Selain itu, serat yang ada dalam buah jeruk juga ternyata dapat menghambat proses pencernaan.

 

7. Pisang

Banyak orang yang menganggap pisang sangat baik untuk dikonsumsi saat perut kosong. Padahal, faktanya justru berkebalikan. Efek buruk pisang untuk perut kosong terkait dengan kandungan magnesium, potasium, dan 25% gula di dalam pisang.

Ahli nutrisi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi pisang pada saat perut kosong dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kalsium dan magnesium pada darah. Sedangkan kandungan gulanya dapat berubah menjadi asam dan alkohol di dalam perut. Akibatnya, pisang dapat menyumbat sistem pencernaan dan berefek buruk pada kardiovaskular apabila dikonsumsi saat perut kosong.

Apabila kamu masih tetap ingin mengkonsumsi pisang untuk berbuka puasa, para ahli nutrisi menganjurkan agar buah pisang tersebut dicampur atau dimakan berbarengan dengan buah atau makanan lainnnya. Intinya, pisang jangan dimakan sendirian saat perut kosong!

 

8. Buah Pir

Efek buruk buah pir apabila dikonsumsi pada perut kosong terkait dengan substansi buahnya yang berserat kasar. Serat kasar tersebut dapat merusak membran pada usus dan juga dapat mengakibatkan sembelit karena sifatnya yang tidak mudah untuk dicerna.

Sebaiknya, keinginan untuk mengkonsumsi buah pir sebagai buah utama saat berbuka puasa harus dihilangkan mulai dari sekarang.

 

9. Kue Pastries

Kue-kue selalu tampak menggiurkan untuk dijadikan takjil berbuka puasa, bukan? Bahkan memang selalu menggiurkan untuk dijadikan santapan utama apabila kamu benar-benar sedang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk makan banyak. Tapi, hati-hati! Kue-kue tersebut dapat mengancam perutmu.

Kue pastries mengandung semacam bakteri yang digunakan sebagai ragi. Bakteri tersebut dapat mengiritasi lapisan perut, membuat perut kembung, dan dapat meningkatkan kadar gas di dalam perut. Jadi, sekarang kamu harus berpikir dua kali sebelum jatuh dalam godaan kue pastries saat perutmu masih kosong.

 

10. Jus Tomat

Lagi-lagi, minuman ini tampak menyehatkan, tetapi dapat merugikan apabila dikonsumsi saat perut kosong. Karena, tomat mengandung asam tanat yang dapat memicu peningkatkan kadar asam di perut. Hal tersebut dapat menyebabkan bisul di lambung, serta dapat memperburuk kondisi penderita penyakit maag dan acid reflux. 

Meskipun kamu bukan penderita penyakit lambung, akan tetapi sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi tomat pada saat berbuka puasa. Justru bisa jadi karena kamu selalu mengkonsumsi tomat pada saat perut kosong, kamu berpotensi terkena penyakit-penyakit tersebut.

Waduh! Warga di Negara-negara Ini Harus Puasa Lebih Lama Dibandingkan Warga Indonesia!

Makanan dan Minuman Ini Ternyata Berbahaya untuk Berbuka Puasa