,

Manfaat Berendam di Air Hangat

Budaya berendam di air hangat sudah lama dilakukan di negara-negara Asia, khususnya Jepang dan Korea. Selain berguna untuk sarana relaksasi dan kesehatan, manfaat berendam air hangat juga dapat mencegah stress dan cemas. Benarkah manfaat berendam air hangat bisa mencegah stress?

Berendam air hangat bisa mencegah dan mengatasi stress

Saat Anda merendam tubuh di air hangat, suhu hangat tersebut akan membuat saraf berdenyut sembari merasakan sensasi pijatan di tubuh. Nah, salah satu manfaat berendam di air hangat juga dapat mengurangi tekanan pada otot kardiovaskular sehingga bisa mengurangi rasa cemas.

Bila Anda ingin membuktikannya, cobalah untuk meluangkan waktu dua kali dalam seminggu untuk berendam di air hangat. Ketika berendam, hormon dopamin dalam tubuh akan dilepaskan oleh saraf parasimpatis, dan dopamin ini bisa melawan pemicu stress dalam tubuh. Selain itu, jika Anda menggabungkan momen berendam air hangat dengan aromaterapi, pencahayaan yang sendu, niscaya hal tersebut akan menimbulkan suasana rileks dan tenang.

Lalu saat berendam di air hangat, detak jantung dan suhu tubuh akan ikut naik sehingga Anda pun berkeringat. Keringat ini lah yang didapuk sebagai alat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang keluar. Selain itu, di dalam rendaman air hangat, pembuluh darah Anda akan membesar sehingga meningkatkan peredaran sirkulasi darah, mengeluarkan asam laktat dari otot, menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit.

Berendam di air hangat juga bikin tidur jadi lebih nyenyak

Bagi penderita insomnia, berendam air hangat juga bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk tidur lebih cepat, lelap, dan lebih lama. Air hangat yang menyentuh kulit akan memberi sinyal pada tubuh untuk menghasilkan zat melatonin, yaitu zat yang membuat orang mengantuk dan tertidur.

Terlebih lagi, saat Anda memasukkan tubuh ke dalam bak hangat, air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga otot-otot menjadi lemas. Otot yang lemas bukan cuma bisa menenangkan fisik, namun juga berdampak sama untuk mental Anda. Yang perlu diperhatikan, saat berendam jangan sampai tertidur. Usahakan berendam di air hangat tidak lebih dari  20 menit dalam sehari.

Racikan untuk berendam di air hangat

1. Jahe, lemon dan garam

Berendam sambil melakukan detoks tubuh bisa menjadi cara yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda. Anda bisa mencoba campuran jahe, garam laut dan lemon ke dalam bak air hangat. Campurkan satu sendok teh bubuk jahe halus, 2 buah lemon peras dan segenggam garam. Ramuan ini bisa mengurangi infeksi bakteri pada kulit dan menimbulkan kesan segar serta bersih pada kulit Anda.

2. Garam dan minyak lavender

Garam diketahui mengandung zat yang baik untuk kulit dan tubuh. Selain kaya kandungan magnesiumnya, garam bisa menjadi scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit. Cobalah untuk mencampur garam dan minyak lavender ke dalam bak air hangat. Anda akan merasakan sensasi rileks, wangi yang lembut dan terhindar dari rasa cemas.

 

Sumber:hellosehat

Ternyata 3 Bau Badan Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Anda Lho !!

Manfaat Berendam di Air Hangat