Mau Berwisata Religi? Kunjungi 11 Tempat Ini


Wisata religi selalu populer saat bulan Ramadan. Selain tak membutuhkan pengorbanan yang berlebihan saat berpuasa, wisata religi juga dapat sekaligus beribadah. Ada 11 tempat yang bisa kamu jadikan referensi wisata religi. Simak ya!

 

1. Makam Sunan Kalijaga, Jawa Tengah.

Kamu bisa mengunjungi situs-situs bekas pemerintahan Kerajaan Islam sekaligus kompleks pemakaman di Demak, Jawa Tengah. Di area dekat pemakaman, kamu juga bisa mengunjungi makam Sunan Kalijaga.

 

2. Masjid Agung Demak, Jawa Tengah.

Setelah mengunjungi kompleks pemakaman kerajaan Demak dan makan Sunan Kalijaga, kamu juga bisa mampir ke Masjid Agung Demak untuk beribadah, sekaligus berbuka puasa. Pastinya perjalanan religi kamu ke Demak akan semakin lengkap.

 

3. Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah.

Jika kamu ingin mengunjungi masjid yang unik dan bersejarah, kamu bisa memilih Kota Kudus, Jawa Tengah, untuk berkunjung ke makam Sunan Kudus sebagai tujuan wisata religimu. Hal yang menarik dari masjid Kudus ini adalah menaranya yang menyerupai candi Hindu. Selain itu, lokasi masjid ini juga mudah untuk dijangkau.

 

4. Makam Sunan Muria, Jawa Tengah.

Bagi kamu yang suka wisata religi dan sedikit tantangan, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi makam Sunan Muria. Lokasi dari makam Sunan Muria ini berada di puncak Gunung Muria, Jepara, Jawa Tengah. Pastinya kamu akan mendapat pengalaman yang berkesan untuk melengkapi cerita religimu.

5. Makam Sunan Gunung Jati, Jawa Barat.

Tempat yang satu ini cukup unik, karena menjadi peninggalan sejarah bagi lahirnya agama Islam di Indonesia. Tak hanya itu, perpaduan kebudayaan Tiongkok pada makam Sunan Gunung Jati menambah keunikan situs tersebut. Akulturasi itu terjadi karena Sunan Gunung Jati pernah menikahi putri dari China bernama Ong Tien.

 

6. Makam Sunan Drajat, Jawa Timur.

Sunan Drajat dikenal mengajarkan dan menyebarkan Islam hingga akhir hayatnya di Lamongan, Jawa Timur. Makamnya pun terletak di Lamongan. Untuk mengenang Sunan Drajat dan jasa-jasanya, dibuatlah museum sunan drajat yang berada di atas bukit.

7. Makam Sunan Giri, Jawa Timur.

Lokasi dari makam Sunan Giri ini berada daerah perbukitan tepatnya di kecamatan Kebomas, Kota Gresik, Jawa Timur. Selain berwisata religi ke makam Sunan Giri, kamu juga bisa berkunjung ke makam-makam kerabat Sunan Giri yang ada di Kota Gresik.

8. Makam Sunan Bonang, Jawa Timur.

makam-sunan-bonang-590817c5df407153aee928089bee7c5a.JPG

Lokasi makam Sunan Bonang ini berada di sebelah alun-alun kota Tuban, Jawa Timur. Kamu bisa berwisata sekaligus beribadah di masjid Sunan Bonang. Kamu juga bisa bersantai di area alun-alun kota Tuban sembari menikmati jajanan khas Tuban dari para PKL.

9. Makam Sunan Ampel, Jawa Timur.

Serunya berkunjung ke Makam Sunan Ampel ini karena lokasinya yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Makam Sunan Ampel terletak dekat dengan area pecinan dan kampung Arab. Pastinya wisata religi kamu jadi lebih menyenangkan karena bisa menyaksikan dua kebudayaan yang berada di satu area.

10. Makam KH Abdurrahman Wahid, Jawa Timur.

Jombang terkenal dengan Pondok Pesantren Tebu Ireng dan kota kelahiran Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Kamu juga bisa berkunjung ke makam Gus Dur.  Di sana, semua makam dibuat tanpa nama. Hanya saja, yang membedakan  makam Gus Dur dengan yang lain adalah bunga di atas pusaranya paling banyak.

 

11. Masjid Cheng Ho, Sumatera Selatan.

Masjid Cheng Ho ini unik karena perpaduan gaya antara Palembang, Cina, dan Arab. Hal itu membuat Masjid Cheng Ho ini menarik untuk mengingat keberagaman budaya di Palembang yang dapat di satukan dengan keindahan dari bangunan masjid tersebut.