Meski Haid, 7 Ibadah Ini Bisa Kamu Lakukan Selama Ramadhan


Cewek-cewek biasanya tidak bisa berpuasa penuh selama bulan ramadan karena harus mengalami menstruasi. Di masa-masa tersebut, biasanya cewek akan merasa kehilangan semangat ibadahnya. Agar saat sudah suci kamu tak malas puasa lagi, kamu bisa melakukan ibadah ini selama menstruasi.

 

1. Menyediakan atau memberikan buka puasa.

”Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”(H.R. Bukhari Muslim).

 

2. Membantu orang lain yang membutuhkan.

Sebagai seorang muslim, tolong menolong dianjurkan setiap hari meski bukan bulan puasa. ketika bulan suci ini tiba, pahala untuk setiap kebaikan bahkan berkali-kali lipat.

 

3. Tetap terus berdoa dan berdzikir.

Berdoa dan berdzikir tidak dilarang untuk mereka yang sedang dalam keadaan tidak suci atau menstruasi. Jadi agar kamu tetap dekat dengan Yang Maha Kuasa, tidak ada salahnya jika kamu tetap berdzikir tiap harinya.

 

4. Mencari ilmu dari manapun dan kapanpun.

Tak harus dari kampus atau kuliah, kamu bisa mendapatkan ilmu dengan membaca buku atau mendatangi majelis-majelis ilmu. Datanglah ke berbagai tempat di mana orang-orang berilmu berkumpul dan dengarkan mereka.

 

5. Bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

008-9c065bc0d35662fb6c501296616cd596.JPG

“Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka.” (H.R. Muslim). Yuk, sedekah bareng!

 

6. Mengingatkan orang di sekitar untuk berbuat baik.

Entah itu pasangan, keluarga ataupun teman, kamu sebaiknya mengingatkan mereka untuk terus berbuat baik selama bulan Ramadan. Dengan mengingatkan mereka kamupun ikut mendapat pahala.

 

7. Menjauhi apa yang dilarang oleh agama.

Meski tak puasa bukan berarti kamu bebas melakukan dosa. Tetap hindari hal-hal yang dilarang agama seperti bergosip, memfitnah, dan hal-hal lain yang biasanya tanpa sadar kita lakukan.

Yuk, tetap semangat ibadah puasanya meskipun sedang haid!