,

9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Ini Pasti Buat Kalian Pengen Beli Lagi deh!

Perajin payung menggambar payung geulis di rumah produksinya, di Panyingkiraan, Cipedes, Tasikmalaya, Jabar, Senin (30/12). Payung geulis khas Tasikmalaya kini makin diminati masyarakat dan kini pesanan dari luar negeri terus berdatangan diantaranya dari China, Malaysia, Brunei, Singapura dan Jerman. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/Koz/nz/13.

Setiap Daerah mempunyai Khas tersendiri daerahnya. Mampir ke Tasikmalaya Anda harus membawa oleh-oleh khas daerah ini.

 

1.Kelontong

Pastinya begitu disayangkan dong bila kita pergi ke satu daerah tanpa ada beli satu diantara oleh-oleh khasnya? Nah untuk anda yang akan bertandang ke Tasikmalaya, janganlah lupa untuk beli oleh-oleh ini yakni kelontong.

Camilan khas Tasikmalaya ini terbuat berbahan berasa ketan yang lalu diolah sampai jadi makanan makanan ringan yang enak serta gurih.

 

2.Rengginang

Hasil gambar untuk rengginang

Untuk orang-orang sunda rengginan memanglah telah tak asing lagi. Rengginang yang disebut camilan ini umumnya di taruh didalam kotak kaleng sisa kue yang senantiasa ada di hari-hari besar seperti lebaran maupun hari-hari yang lain.

Bila anda akan bertamu waktu hari lebaran ke Jawa Barat, janganlah kaget bila lihat kaleng yang bergambar kue-kue enak namun tentu cocok di buka berisi rengginang. Telah jadi rutinitas unik waktu lebaran. Hehe

 

3.Sale Pisang

Hasil gambar untuk sale pisang

Sama dengan sale-sale yang umum kita jumpai di beberapa daerah lain. Sale pisang khas Tasikmalaya juga kudu anda cobalah serta bawa pulang sebagai oleh-oleh. Sale yang terbuat dari pisang yang diolah lewat cara di sisir tidak tebal serta dijemur dibawah cahaya matahari dapat segera dikonsumsi maupun digoreng terlebih dulu dengan tepung.

 

 

4.Kripik Sukun

Hasil gambar untuk kripik sukun

Tidak sama dengan kripik yang lain yang umum kita jumpai seperti kripik singkong serta yang lain, di Tasikmalaya ada kripik sukun yang terbuat dari buah sukun yang telah masak. Buah sukun yang telah masak tersebut di potong-potong jadi bebrapa sisi kecil, lalu di goreng serta diberi bumbu.

Langkah membuatnya begitu gampang bukan? Namun ada yang lebih gampang lagi dari pada mesti bikin. Yakni beli segera ke Tasikmalaya. Xixixi, sekalian wisata kuliner.

5.Wajit

Hasil gambar untuk wajit

Wajit adalah makanan yang terbuat dari ketan dipadukan dengan kelapa yang dihaluskan dan dipanaskan bersamaan dengan manisnya gula merah, sehingga wajit ini rasanya manis dan teksturnya yang kenyal.
Ada berbagai jenis wajut yang kami produksi, di antaranya ada yang di sebut angleng, Angleng hampir sama dengan wajit namun angleng teksturnya lebih besar dan rasanya lebih enak. sedangkan wajit rasa manisnya terasa sekali dibandingkan dengan angleng,
Bagi anda yang belum pernah merasakan makanan yang satu ini, sebaiknya anda mencobanya, karena makanan ini sangat populer di kota tasikmalaya khususnya.

 

6.Opak

Hasil gambar untuk opak

Nah makanan ringan ini kalau di kota saya di sebut dengan opak, makanan ini di kota begitu sangat populer sekali, banyangkan saja di setiap hajatan atau syukuran opak ini pasti selalu ada, oleh karena itu makanan ringan ini sangat di gemari oleh masyarakat tasikmalaya

7. Ladu

Hasil gambar untuk ladu

Ladu merupakan makanan yang terbuat dari berasa ketan yang memiliki cita rasa manis. Teksturnya lembut mirip seperti dodol. Di Tasikmalaya, ladu banyak dijumpai saat lebaran. Akan tetapi, Anda juga bisa menemukannya di sentra jajanan oleh-oleh di Tasikmalaya.

8.Payung Geulis

Hasil gambar untuk payung geulis

Bila pribahasa katakan “sedia payung sebelumnya hujan”, bila di Tasik “beli payung sebelumnya pulang”. Payung geulis atau dalam bhs Indonesianya payung cantik ini yaitu oleh-oleh yang jangan pernah anda terlewat saat bertandang ke Tasik.

Payun geulis ini adalah ikon kota Tasikmalaya yang harga nya relatif murah serta terjangkau. Dari mulai Rp 20. 000 sampai 50. 000 bergantung ukuran.

 

9.Kelom Geulis

Hasil gambar untuk kelom geulis

Terkecuali payung geulis, satu diantara ikon Tasik yang lain yakni kelom geulis. Saat bertandang ke Tasik, jangan pernah lupa untuk beli oleh-oleh khas ini. Kelom geulis ini di buat dengan cara manual oleh beberapa pengrajin.

Kelom yang di beri hiasan bakal tampak menarik serta pas dibawa pulang sebagai oleh-oleh khusus untuk isteri, anak maupun orangtua.

Tersebut sebagian penjelasan tentang oleh-oleh, kuliner serta makanan khas Tasikmalaya yang harus anda beli waktu bertandang ke Tasik.

Buat yang mencari oleh-oleh di Tasik coba deh beli ini buat buah tangan anda. Mudah-mudahan berguna serta terimakasih atas kunjungannya.

7 Tempat Nongkrong Di Tasikmalaya Yang Paling NgeHitzz Nih.. Udah Coba ?

9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Ini Pasti Buat Kalian Pengen Beli Lagi deh!