Punya Sakit Maag? Kamu Harus Lakukan 5 Hal Ini Saat Puasa


Penderita sakit maag disarankan sering makan meski sedikit supaya lambung selalu terisi. Lambung mereka tidak boleh kosong demi kesehatan dan lambung tidak semakin terluka. Lalu bagaimana nasibnya kalau harus 14 jam berpuasa? Bisa kok, ini tipsnya!

1. Kenali penyebab maag dan obatnya.

Penyebab sakit maag tiap penderita berbeda-beda, bisa karena pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, stres, atau lainnya. Kenali dulu mana penyebab penyakitmu lalu konsultasi dengan dokter, apa obat terbaiknya.

 

2. Ketatlah menghindari semua makanan yang dilarang.

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita sakit maag cukup banyak seperti misalnya gorengan, tomat, makanan yang mengandung asam atau gas. Masakan yang bumbunya terlalu merangsang dan cokelat,  juga tidak disarankan dikonsumsi, terutama saat puasa. Ketika berbuka, kamu juga tidak disarankan langsung makan berat karena lambungmu akan kaget sehingga terasa menyakitkan. Makanlah tiga butir kurma untuk melatih lambung kembali bekerja secara perlahan.

 

3. Jangan minum sembarangan, perbanyak air putih saja.

Selama berpuasa kurangi minum kopi, teh, apalagi soda. Minuman-minuman ini dapat memicu peningkatan asam lambung. Sebaiknya kamu perbanyak minum air putih dan meminum segelas susu saat sahur.

 

4. Kenali gejala maag, batalkan segera jika terasa bahaya.

Kamu harus paham betul gejala maag-mu mulai kambuh seperti sakit di ulu hati, mual, kembung, cepat kenyang, kurang nafsu makan, panas di dada seperti terbakar, dan mulut pahit. Jika gejala ini kamu rasakan, sebaiknya puasa kamu batalkan. Kita juga tidak boleh memaksakan diri untuk tetap berpuasa ketika sakit.

 

5. Perbanyak ibadah untuk mengurangi rasa stres.

Apa hubungannya dengan maag? Jika kamu stres, asam lambungmu cenderung akan meningkat dan ini berbahaya untuk maag yang kamu derita. Dengan banyak beribadah, stresmu akan berkurang karena hatimu lebih tenang.

Jangan khawatir jika di hari pertama terasa berat, karena pada hari berikutnya asam lambung sudah bisa melakukan penyesuaian kok!