,

Resep dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Enak Khas Sunda

Kebiasaan masyarakat di setiap penjuru nusantara ketika menghadapi suatu acara sakral baik itu syukuran atau riungan adat dan acara spesial lainnya biasanya menghadirkan masakan khas seperti nasi tumpeng. Nasi tumpeng ini tersaji dengan bentuk mengerucut ke atas dengan warna kuning dari campuran kunyit atau ada juga yang putih polos tanpa campuran kunyit dengan pelengkap sajian ayam panggang atau goreng yang juga sering disebut dengan bakakak beserta lalapan, lauk pauk, sayuran serta pelengkap sajian lainnya.

Anda yang ingin membuat nasi tumpeng untuk sajian riungan spesial keluarga dapat membuat nasi tumpeng komplit sederhana karena nasi tumpeng yang satu ini lumayan mudah untuk dibuat sendiri dari dapur rumah anda. Adapun cara penyajiannya dapat anda simak dalam resep cara membuat nasi tumpeng komplit sederhana berikut ini.

Resep Nasi Tumpeng Komplit

Bahan-bahan Tumpeng Komplit :

  • 100 gr beras ketan, rendam 12jam
  • 1 liter beras putih
  • 750 cc santan kelapa
  • 100 cc air matang
  • 3 pcs daun jeruk
  • 2 pcs daun salam
  • 3 cm kunyit
  • 1 batang serai
  • 1 sdm air jeruk nipis, peras
  • Garam dapur secukupnya

Cara Membuat Nasi Tumpeng Sedap Gurih :

1. Siapkan panci sedang besar, isi dengan santan kelapa, garam, halus, daun jeruk, serai, air kunyit (dari campuran remasan daun jeruk, batang serai yang dimemarkan serta parutan kunyit dan 100 ml air yang diperas dan disaring) dan daun salam. Aduk-aduk sampai merata kemudian masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalamnya. Rebus sampai mendidih dengan sesekali diaduk rata. Angkat setelah santan sedikit mengering.
2. Setelah selesai direbus, selanjutnya ke tahap pematangan nasi dengan cara dikukus hingga 35menit lamanya atau sampai matang sempurna. Kemudian angkat dan pindahkan nasi ke wadah bakul sambil sesekali dibolak balik supaya pulen dan tunggu sampai asapnya menghilang.
3. Selanjutnya, tuangkan nasi ke dalam wadah kerucut atau kukusan yang sudah disiram dengan air panas sebelumnya. kemudian pindahkan nasi ke dalamnya sampai padat dan membentuk kerucut lalu angkat kukusan.
4. Lengkapi sajian nasi tumpeng dengan ayam goreng, ikan goreng, lalapan, sayuran juga lauk pauk lainnya dan tentunya sambal goreng pedas agar lebih meriah.

 

Itulah cara penyajian nasi tumpeng nikmat dari resep cara membuat nasi tumpeng komplit sederhana yang mudah untuk diikuti. Sekarang giliran anda untuk mencobanya.

 

Selamat mencoba 🙂

Resep dan Cara Membuat Sambal Cobek Ikan Bakar Khas Sunda Sederhana Titasik

Resep dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Enak Khas Sunda