,

Resep dan Cara Membuat Pecel Lele Pedas Maknyoss

Kuliner yang satu ini pasti banyak dicintai pecinta kuliner pedas karena sambalnya yang pedas dan mantap bikin ketagihan.
Sajian kuliner pecel lele ini merupakan masakan khas yang sering kita lihat dan sering kita jumpai di lingkungan kita terutama di daerah pulau jawa. Masakan ini terdiri dari ikan lele dan sambal.
Biasanya yang dimaksud adalah ikan lele yang di greng kering dengan minyak lalu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan. Lalapan ini biasanya terdiri dari kemangi, kubis, mentimun dan juga kacang panjang.

Masakan yang berbahan utama ikan lele ini sangat menggugah selera makan kota karena dipadukan dengan sambal yang khas dan daging lele yang lunak dan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Adapun banyak sekali manfaat dari ikan lele antara lain seperti asam lemak, omega 3, protein, fosfor, dan vitamin b12 yang mampu membantu kesehatan jantung dan otak kita serta membantu menurunkan tekanan darah dan juga baik dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umur karena mengandung fosfor yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Pecel lele adalah makanan yang murah meriah. Makanan ini sangat digemari dipulau jawa sebagai alternatif masakan ayam, terutama ayam goreng. Di masing-masing daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda, di jember biasanya disebut pecek lele, di Malang menyebutnya lalapan lele. Biasanya penyajian pecel lele ini seperti penyajian pada ikan gurami, nila, mujair dan lain-lain yang aroma sambal yang khas dengan aroma terasi.

Banyak sekali sitemukan penjual pecel lele ini terutama di pulau jawa yang dijual di pinggir jalan atau yang biasanya disebut pedagang kaki lima, lesehan lalapan pecel lele.
Masakan ini sangat terjangkau harganya oleh karena itu sangat cocok untuk kantong para mahasiswa atau pelajar. Untuk itu Anda bisa membuatnya sendiri kapan pun Anda mau jika sudah tahu bagaimana cara pembuatannya. Langsung saja simak langkah- langkah nya di bawah ini.

Resep Sambal Pecel Lele Pedas Banget :

Bahan – bahan yang diperlukan :

  • Ikan lele segar 5 ekor
  • Air putih secukupnya
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 3 butir
  • Kunyit 1 cm (bakar dan haluskan)
  • Ketumbar 1/2 sendok makan
  • Air perasan jeruk nipis 1 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tomat 1 buah
  • Cabe merah besar 2 buah (iris menyerong)
  • Cabai rawit hijau 20 biji (karena sambalnya pedas )
  • Cabai rawit merah 10 biji
  • Kemiri 2 buah

Cara Membuat Sambal :

  1. Awali dengan menghaluskan kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, dengan diblender atau di uleg. Konon katanya di uleg aja karena menjaga ke rasa lebih khas lagi dari sambalnya tersebut.
  2. Kemudian tambahkan 1 buah tomat, pilih yang masih segar dengan cara dipotong menjadi 4 bagian dan haluskan kembali hingga tercampur secara merata.
  3. Langkah selanjutnya siapkan minyak goreng sedikit diatas wajan dengan menyalakan api sedang untuk menggoreng sambal yang sudah di uleg tadi dan tambahkan jeruk nipis, aduk-aduk lagi hingga merata.

Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pedas Banget :

  1. Langkah pertama buatlah bumbu rendaman ikan lele dengan menghaluskan kunyit , bawang putih dan ketumbar dan tambahkan air secukupnya.
  2. Cuci bersih ikan lele dan buang isi perutnya sampai bersih agar tidak pahit lalu rendam dengan air yang sudah tercampur kunyit tadi, lumuri bumbu sampai tercampur dengan ikan lele.
  3. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng ikan lelenya dan nyalakan api besar karena ikan akan digoreng dalam minyak panas sampai kering kemudian tiriskan terlebih dahulu.
  4. Siapkan piring saji dan ikan lele yang sudah digoreng diatasnya lalu lumuri dengan sambal yang sudah disiapkan tadi.
  5. Tambahkan lalapan sesuai keinginan Anda, dan pecel lele pun siap untuk dinikmati.

 

Mantap banget pecel lelenya. Sangat cocok dinikmati selagi masih hangat dan dilengkapi dengan nasi putih. Sajian masakan ini enak dinikmati saat bersama keluarga dirumah. Dan sambalnya yang pedas ini sangat membuat keringat bercucuran untuk itu sebelum menyantap pecel lele ini siapkan terlebih dahulu tisu hehe…Nah, sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda yang masih bingung memilih menu makan untuk keluarga dirumah.

Resep dan Cara Membuat Lumpia Basah Jajanan Enak Khas Tasikmalaya

Resep dan Cara Membuat Pecel Lele Pedas Maknyoss