Resep dan Cara Membuat Sup Gurame Khas Tasikmalaya


Ikan biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. Kadang juga dijadikan pepes, seperti tongkol dan kakap tentunya. Namun, di beberapa daerah banyak yang mencampurkan daging ikan dengan olahan sup, yang dikenal dengan sup ikan. Sup tersebut tidak hanya berisi daging ikan saja melainkan saur-sayuran juga.

Kalau membicarakan sup ikan, kurang rasanya jika tidak pergi ke Tasikmalaya. Pasalnya disana anda menemukan sup gurame. Sup ikan dengan bahan utama daging gurame tersebut diolah bersama potongan wortel, daun kemangi dan daun bawang. Perpaduan warna, bumbu dan rasa yang menjadikan satu dalam resep sup gurame khas Tasikmalaya tersebut menjadikannya hidangan yang harus anda coba.

Memang bahan-bahan yang digunakan hampir sama dengan membuat sup pada umumnya. Hanya saja, sayuran yang digunakan hanya sedikit. Karena biasanya sup menggunakan beraneka macam sayur, seperti tambahan kacang panjang, potongan kentang, seledri, kubis dan brokoli. Meskipun begitu, hidangan yang diolah dengan resep sup gurame khas Tasikmalaya ini sudah dirasa lengkap dan memiliki rasa yang gurih. Anda harus mencoba membuatnya dengan panduan di bawah ini!

Bahan :

1/2 kg ikan gurame
1 ons wortel, potong-potong
1 batang daun bawang, potong-potong kecil
2 tangkai daun kemangi, petiki
1 liter air
5 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
3/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh air perasan jeruk nipis
1 1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Pertama, siapkan bahan dan bmbu yang dibutuhkan lalu fillet ikan gurame dan timbang dagingnya kurang lebih 1/4 kg
2. Kedua, cuci bersih daging tersebut lalu lumuri dengan 1/4 sendok teh air perasan jeruk nipis. biarkan selama 10 menit.
3. Sesudah itu, potong-potong kotak dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan dulu dan panaskan minyak untuk menumis bawang merah serta bawang putih hingga harum.
4. Tuangi air lalu masak sampai mendidih. Masukkan wortel bersama merica bubuk, gula pasir dan garam
5. Masak hingga matang, lalu tambahkan potongan ikan gurame. Tambahkan juga potongan daun bawang serta air perasan jeruk nipis
6. Biarkan sampai mendidih, kemudian masukkan daun kemangi. Aduk hingga rata dan diamkan sebentar
7. Angkat lalu sajikan dimangkuk saji. Hidangan sup gurame khas Tasikmalaya siap dihidangkan dan dinikmati.

Resep sup gurame khas Tasikmalaya di atas akan menghasilkan sajian nikmat yang bisa disantap untuk empat orang. Anda bisa memasakannya bersama nasi putih yang masih hangat serta tambahan sambal bawang. Selamat menikmati dan mencoba.