Resep Membuat Keripik Sukun Khas Oleh-Oleh Tasikmalaya


Resep keripik sukun menghasilkan kripik spesial dengan rasa khas. Campuran gurih, manis dan ada bagian empuk sedikit kenyal dari tekstur buah sukun ini benar benar terasa mantap, tidak heran jika camilan satu ini selalu dicari.

Cara membuat kripik sukun cukup mudah dimana kita hanya perlu mengiris tipis lalu digoreng hingga garing. Originalnya bumbu yang digunakan hanyalah garam dan bawang putih saja. Namun anda bisa mengkreasikannya dengan bubuk balado pedas manis dan keju

Cara Membuat Keripik Sukun

Kebanyakan resep kripik sukun menyarankan untuk merendam irisan sukun dalam air kapur sirih agar mendapatkan rasa yang lebih gurih dan tidak mudah lembek. Bagi anda yang ingin versi tanpa kapur sirih maka cukup rendam dalam bumbu bawang putih dan garam saja. Tapi hasilnya tentu berbeda di tekstur dan rasanya.

 

Bahan:

  • Sukun matang 1 buah
  • Kapur sirih 2 sdt
  • Air secukupnya
  • Bahan bumbu:
    • Bawang putih 4 siung, haluskan
    • Garam 1 sdm
    • Gula pasir 1 sdt
    • Ketumbar bubuk 1 sdm
  • Minyak goreng secukupnya

 

Resep Keripik Sukun:
Pertama kita kupas buah sukun matang, bagi menjadi 4 bagian memanjang dan buang bagian tengahnya. Selanjutnya iris tipis, disarankan menggunakan parutan pengiris agar hasilnya rapi dan tipis. Cuci hingga getahnya menghilang.

Kita buat air kapur sirih dengan mencampurkan kapur dengan air. Lalu masukkan irisan buah sukun ke dalamnya sampai terendam. Diamkan saja sekitar kurang lebih 4-5 jam.

Campur semua bumbu dalam wadah kecil lalu lumuri buah sukun dengan bumbu sampai rata. Diamkan lagi sekitar 15 menit agar bumbu meresap, hasilnya gurih dan sedikit asin. Ini rasa original jika ingin rasa lain bisa disesuaikan.

Panaskan minyak dalam jumlah banyak, setelah panas masukkan irisan sukun. Goreng sampai warnanya terlihat kuning kecoklatan. Terakhir tinggal angkat dan tiriskan.

Sama halnya dengan kripik lainnya, proses penirisan sebaiknya dilakukan hingga keripik dingin. Dimaksudkan agar kandungan minyak berkurang, lebih awet dan tidak mudah tengik. Penyimpanan cukup dengan toples saja.

Resep keripik sukun telah selesai, paling enak dimakan bersama keluarga ataupun kerabat selagi bersantai. Mungkin sekarang cukup sulit menemui kripik satu ini, dari beberapa toko mungkin hanya satu dua yang menjajakannya. Hal ini sangat wajar, pohon sukun jarang dibudidayakan karena dirasa kurang menguntungkan jika dibandingkan pohon lainnya.

Dewasa ini keripik sukun tidak hanya berbentuk pipih saja, ada yang membuatnya berbentuk dadu. Kreasi ini mirip sekali dengan keripik singkong dadu. Bedanya di sukun, rasa manis dari keripik lebih terasa dan teksturnya sedikit kenyal.