Sembelit Saat Puasa? Coba Minum 7 Jus Ini Saat Berbuka


Kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa sekarang ini pasti mengalami beberapa kendala atau keluhan. Mulai dari kamu yang punya penyakit lambung sampai kamu yang tidak tahan lapar. Bagaimanapun, kamu tetap harus menjalankan ibadah ini dengan khidmat dan sepenuh hati. Masalah kesehatan perut yang terjadi saat puasa bisa kamu hindari. Kamu yang mengalami sembelit saat puasa, 7 jus buah ini ampuh buat perut kamu sehat bebas sembelit.

 

1. Jus nanas.

Kamu bisa minum jus nanas saat berbuka puasa nanti, karena nanas ini mengandung enzim yang bernama bromelain yang bisa membantu memperbaiki fungsi usus dan mengatur kelancaran BAB. Mineral dalam nanas juga bisa membuat pencernaanmu jadi lancar.

 

2. Jus semangka.

Karena semangka mengandung banyak mineral, semangka jelas pilihan tepat buat kamu yang sedang atasi sembelit. Semangka ini juga mengandung banyak serat sehingga pencernaan kamu akan lancar jika mengonsumsi jus semangka ini.

 

3. Jus lemon.

Kandungan vitamin C yang kaya dari jus lemon ini bisa membantu melembutkan tinja agar tidak terjadinya sembelit. Selain itu, lemon juga bisa mengobati gangguan pencernaan. Kamu yang memiliki masalah pencernaan, setidaknya kamu harus minum jus atau air lemon 2 gelas setiap harinya.

 

4. Jus apel.

Apel ini mengandung sorbitol yang berfungsi membantu dan mengatur pencernaan usus besar agar lebih lancar. Apel juga memberi tambahan mineral dan serat yang dibutuhkan dalam masalah pencernaanmu. Zat besi di dalam apel juga bisa memberikan kekuatan tambahan pada tubuhmu.

 

5. Jus timun.

Jus timun ini bisa berfungsi sebagai pencahar atau obat pencuci perut bagi pencernaanmu yang bermasalah. Kandungan serat dan mineralnya bagus untuk mencegah sembelit datang. Jadi, sebaiknya kamu mengonsumsi jus timun saat berbuka atau sahur sebelum terjadinya sembelit.

 

6. Jus jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk menyelesaikan masalah sembelit. Asam sitrat tersebut, berfungsi untuk membersihkan pancernaan tubuh. Jeruk nipis juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi pastikan kamu mengonsumsi jus jeruk nipis hangat saat sahur agar kamu bisa tetap kuat jalani puasa tanpa sembelit dan masalah perut lainnya.

 

7. Jus tomat.

Mengatasi sembelit atau susah buang air besar yang kamu alami bisa dengan jus tomat yang kaya serat dan mineral tinggi. Selain itu, tomat juga bisa melindungi fungsi hati. Jadi jika pencernaanmu lancar, maka wasir dan sembelit tidak akan terjadi.

Itu dia tadi daftar jus buah yang baik untuk hilangkan sembelit maupun wasir. Kesehatan perut adalah yang utama, apalagi di bulan puasa seperti ini. Semoga puasamu lancar, ya!