Ternyata Kebiasaan 8 Hal Ini Ngga Boleh Kamu Lakuin Setelah Makan Lho!


Makan merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang ngga lepas dari kebutuhan manusia. Lo pasti salah satu yang demen makan dong guys? Nah, biasanya apa sih yang lo lakuin setelah makan? Ternyata, ada aktivitas setelah makan yang ngga boleh langsung dilakukan guys, karena berbahaya buat tubuh. Apa aja sih? Simak di sini yuk.

 

1. Mandi Setelah Makan

Siapa yang punya kebiasaan makan dulu baru mandi? Wah, sebaiknya dibalik deh guys. mandi dulu baru makan deh. Karena ternyata saat mandi tubuh berarti meningkatkan aliran darah ke bagian tangan, kaki, dan tubuh guys. Selain itu, dapat menurunkan pasokan aliran darah ke bagian perut. Kalo udah begitu, bisa melemahkan sistem pencernaan, akhirnya bikin sakit perut deh.

 

2. Menggosok Gigi Setelah Makan

Setelah makan memang wajib guys sikat gigi. Apalagi kalo habis makan yang baunya menyengat. Tapi jangan langsung sikat gigi, sebaiknya 1-2 jam setelah makan. Supaya email dan dentin gigi punya kesempatan terlebih dahulu untuk memberikan perlindungan secara otomatis terhadap asam melalui air liur dalam mulut. So, jangan buru-buru pengen sikat gigi ya guys.

 

 

3. Merokok Setelah Makan

Katanya belum lengkap rasanya kalo habis makan ngga ngerokok. Duh, kebiasaan kaya gini nih yang ngga sehat. Sebuah penelitian membuktikan, menghisap 1 batang rokok setelah makan, sama dengan menghisap rokok 10 batang. Udah kebayang dong bahaya yang meningkat juga 10 kali lipat. Bukan cuma itu, tembakau dalam rokok juga terbukti bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin C dan D. Kalo masih mau merokok, mendingan tunggu sekitar 20 menit deh setelah makan.

 

4. Tidur Setelah Makan

Abis makan pasti bikin ngantuk deh. Nikmatnya ya abis makan itu pasti tidur. Bener ngga? Eh ternyata tidur setelah makan itu ngga boleh guys. Tidur setelah makan bisa mengganggu pencernaan lho, dan bisa bikin kembung juga. Hal ini karena makanan ngga bisa dicerna dengan sempurna oleh perut. Bahayanya bisa sampai ngerusak organ pencernaan lho, misal infeksi usus. Jadi, ditahan dulu guys ngantuknya kalau habis makan.

 

 

5. Olahraga Setelah Makan

Yang namanya olahraga pasti menyehatkan. Tapi, olahraga setelah makan ngga dianjurkan lho ya. Why? Karena bisa bikin lo ngga nyaman, misal cegukan, mual, kram bahkan sampai peningkatan resiko trauma dan kejang. Kalo mau olahraga, lo harus nunggu 2 jam setelah makan ya guys.

 

6. Minum Air Dingin Setelah Makan

Kalo cuaca lagi panas and terik, nikmatnya abis makan tuh minum air es. Dibalik segarnya air es ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan. Air es yang dingin bisa membekukan makanan, terutama makanan berlemak guys. Nah, kalo lemak udah membeku, itu akan tertimbun di dalam usus. Efeknya bisa mengakibatkan penyempitan disaluran-saluran pencernaan. Jadi, lebih baik minum air hangat ya guys.

 

7. Minum Teh Setelah Makan

Minum teh setelah makan memang udah jadi kebiasaan ya guys. Tapi ternyata, minum teh setelah makan itu bisa mengganggu pencernaan. Selain itu, teh juga bisa menyerap kandungan zat besi yang ada pada makanan sampai 80%, sehingga nutrisi yang ada pada makanan yang lo makan jadi berkurang deh.

 

8. Mengkonsumsi Buah Setelah Makan

Umumnya, orang-orang menganggap makan buah setelah makan itu sebagai pencuci mulut. Duh, ternyata anggapan itu ngga bener guys. justru makan buah setelah makan itu bisa bikin perut jadi kembung. Karena buah bisa menfermentasi makanan yang baru aja lo makan. jadi, biar manfaat buahnya terserap dengan baik di perut, sebaiknya lo makan buah 1 jam sebelum makan atau sesudah makan.

Pasti hal-hal di atas selalu lo lakuin kan setelah makan? Nah, buat yang udah baca nih, sebaiknya dikurangin atau bahkan dihindari deh hal-hal yang tadi. Supaya makanan yang lo konsumsi bisa terserap dengan baik ditubuh. Jadi, ngga sia-sia deh makan enak.