Waduh! Warga di Negara-negara Ini Harus Puasa Lebih Lama Dibandingkan Warga Indonesia!


Hai guys, masih semangat kan puasanya? Semangat dong! Puasa dengan durasi waktu 12 jam di Indonesia itu sudah tergolong lumrah lhooo. Coba tengok negara-negara ini. Waktu puasanya jauh lebih lama dibanding Indonesia. Hayo, bersyukurlah kamu tinggal di Indonesia. Bayangin kalau kamu ada di negara tersebut. Kamu bisa nangis darah karena belum terbiasa. Hihihi. Tapi, semua itu tergantung niat dan iman kamu sih, semakin kuat maka semakin berkah puasa kamu.

 

1. Skandinavia – 21 Jam

Wow! Umat muslim yang ada di Skandinavia hanya memiliki waktu menikmati makanan selama 3 jam. Skandinavia mencakup Islandia, Finlandia dan Swedia. Waktu siangnya lebih lama dibandingkan waktu malamnya. Apalagi saat musim panas, waktu siangnya bisa selama 21 jam. Umat muslim di negara ini sudah terbiasa dengan berpuasa terlama. Bisa kamu bayangin ya guys jika kamu tinggal di negara ini! Puasa terlama bro…

 

2. Rusia dan Amsterdam – 19 Jam

Negara kedua dengan waktu puasa terlama adalah Rusia dan Amsterdam. Memiliki waktu siang dengan durasi 19 jam, umat muslim di negara ini melaksanakan ibadah sahur pada pukul 04.00 pagi dan berbuka puasa pada jam 22.00. Uwiihh.

 

3. London, Inggris – 17 Jam

Selisih 2 jam dari Amsterdam, muslim London baru berbuka puasa pukul 19.45 dengan sahur 02.45 dini hari. Wah, ini musti persiapan stamina yang prima ya guys!

 

4. New York City, Amerika Serikat – 16 Jam

Menikmati masa-masa puasa di Amerika Serikat tergolong mudah meskipun memiliki waktu puasa yang lama. Karena saat siang hari, meskipun musim panas sedang berlangsung, udaranya tetap sejuk. Nggak sepanas Indonesia. Kisaran suhu di negara ini hanya 20-25 derajat celcius aja.

 

5. Jepang – 15 Jam

Lain halnya dengan di New York, berpuasa di Jepang harus pakai ekstra iman dan kesabaran yang tinggi. Hal ini dikarenakan matahari di Jepang sangat menyengat. Bayangin kalau selama 15 jam kamu berpuasa di tengah terik matahari

Meskipun negara-negara tersebut merupakan negara dengan durasi puasa yang panjang, tapi kegigihan umat muslim di negara tersebut patut diacungi jempol. Masa kamu yang di Indonesia puasa selama 12 jam saja sudah mengeluh?