Wisata Sejarah Sambil Belajar Arkeologis di Goa Malawang Tasikmalaya


Tasikasik.com – Tasikmalaya dikenal dengan kota yang memiliki paket wisata kumplit dari mulai pantai, gunung, curug atau air terjun, danau, hingga Goa. Pada artikel ini kami akan membahas tempat wisata sejarah berupa Goa yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya. Salah satu goa yang terkenal adalah Goa Malawang yang terletak ± 500 m sebelah barat dari SD Wangun dan berada di Kampung Nagrak, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya.

Karakteristik goa ini berupa kumpulan dari sekitar 13 goa dan ceruk. Masyarakat sekitar menamakan komplek goa tersebut dengan bermacam nama seperti Malawang, Batu Masigit dan Gorin. Satu hal yang menarik dari penanaman tersebut adalah Gorin yaitu nama setempat untuk semacam tempayan air dari gerabah. Penanaman Gorin diberikan kepada kelompok goa tersebut berdasarkan adanya temuan Gorin oleh Taryana kepala SKB Tasikmalaya tahun 1993 di salah satu goa.

Benda arkeologis yang berhasil ditemukan berupa 13 pecahan. Pada penelitian berikutnya, Balai Arkeologi Bandung menemukan antara lain gerabah, keramik, alat batu berupa perkutor dan kapak batu, serta tulang-tulang binatang. Anda dapat mencapai tempat ini dan mengamati berbagai penemuan menarik dengan kendaraan roda dua atau roda empat, melewati perkebunan karet yang sudah lama diusahakan, untuk selanjutnya berjalan kaki.

Lokasi: Kampung Wangunwati, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal
Koordinat : 7036’64” S, 108012’43,5” E